Pemprov Dorong Peningkatan Produksi Pertanian di Banten

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melalui Dinas Pertanian Provinsi Banten (Distan) terus mendorong dan membantu peningkatan produksi pertanian. Bantuan yang tersebut mulai sistem pengairan, pembenihan hingga pasca panen.

Hal itu dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemprov Banten (Asda II), M. Yusuf saat mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Rice Milling Unit (RMU) Lumbung Masyarakat, Kelompok Makmur Jaya, di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Selasa (27/7/2021). Hadir juga Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa, Sekretaris Distan Pemprov Banten Asep Mulya Hidayat dan pejabat lainnya. Selain itu, juga hadir perwakilan dari Bank BNI.

Saat tiba di RMU di Desa Julang, Menteri Pertanian, Asda II, Wakil Bupati Serang langsung meninjau penggilingan padi. Selanjutnya, Menteri Pertanian menyerahkan bantuan pertanian dan permodalan melalui kredit usaha rakyat secara simbolis kepada perwakilan kelompok dan penerima KUR.

Setelah memberikan keterangan, Menteri Pertanian langsung melakukan panen raya. Tidak lupa Menteri Pertanian menyerahkan sembako kepada masyarakat yang dilintasi rombongan Kementerian Pertanian dan jajaran Pemerintah Daerah.

Asda II mengatakan, upaya peningkatan produksi pertanian di Provinsi Banten sudah dan akan terus dilakukan Pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Bantuan produksi pertanian, kata Yusuf, dimulai dengan perbaikan sistem pengairan, pembenihan, pengolahan, hingga pasca panen.

“Bentuk dukungan terhadap petani, utamanya pada pasca panen, yaitu adanya intergarasi permodalan, pembelian gabah, pengelolaan, pengemasan produksi hingga pemasaran. Gabah bisa digiling di RMU, bisa membeli gabah dari petani, dikemas kemudian dipasarkan,” ujar Yusuf.

Guna meningkatkan produksi pertanian, utamanya bagi petani yang masih berpenghasilan di bawah rata-rata, kata Yusuf, perlu upaya pembenahan, seperti dalam hal pemilihan benih unggul. Selain itu, perlu pembenahan dalam proses pengolahan lahan, termasuk pengairan.

Demokrat
Royal Juli