Rehab Jalan dan Jembatan Ruas Cipanas-Warung Banten, Arlan: Desember Ini Selesai

SERANG – Rehabilitasi jalan dan jembatan ruas Cipanas-Warung Banten ditargetkan akan selesai pada tanggal 23 Desember 2021 mendatang. Tercatat, ada sekitar 5 jembatan akan diperbaiki akibat longsor dan banjir bandang yang terjadi beberapa tahun ke belakang.

Demikian itu terungkap saat acara Groundbreaking rehabilitasi jalan dan jembatan Ruas Cipanas-Warug Banten pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bidang Bina Marga Provinsi Banten, di area jembatan Ciberang, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Rabu (8/9/2021).

Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim memastikan bahwa rehabilitas jalan dan jembatan ruas Cipanas-Warung Banten selesai 23 Desember 2021.

“Kalau gak selesai kita uber-uber pemborongnya. Jadi ibu bapak mohon bersabar. Saya percayalah, bukan pemborong abal abal,” kata Wahidin saat sambutan

Mantan Walikota Tangerang ini menyebut, nilai kontrak rehabilitas jalan dan jembatan tersebut mencapai Rp150,7 miliar.

“Kita tidak ingin jembatan rusak lagi. Makanya kita bangun untuk memperlancar masyarakat berinteraksi satu sama lain,” katanya.

Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni yang turut hadir dalam acara peletakan batu pertama rehabilitasi jalan dan jembatan tersebut mengharapkan berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu.

“Kami ingn memastikan bahwa apa yang direncanakan tepat waktu. Jembatan Ciberang bisa selesai di 2021, dan yang lain-lainnya bisa dilanjutkan 2022,” terangnya.

Politisi Partai Gerindra ini mengimbau kepada warga agar nantinya setelah dibangun, dapat dijaga bersama-sama. Menurutnya, partisipasi masyarakat diperlukan untuk mencegah resiko longsor dan banjir bandang.

Pelaksana tugas (Plt) DPUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan menyebut, ada sekitar 9 Kilometer jalan, dan 5 jembatan yang akan dilakukan rehabilitasi di ruas Cipanas-Warung Banten.

“Jembatan Cilangke, jembatan Ciparumbung, jembatan Citagogag, jembatan Cinyiru, dan jembatan Ciberang,” kata Arlan.

Pihaknya mengaku, bahwa telah dilakukan simulasi-simulasi dalam rangka proses penyelesaian pembangunan jalan dan jembatan.

“Prinsipnya kita akhir Desember ini selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Jaya Kontruksi, Drajat Wijarnako sebagai pelaksana pembangunan rehabilitasi jalan dan jembatan ruas Cipanas- Warung Banten memastikan rehabilitasi tersebut selesai dengan tepat waktu.

“Tepat waktu, tepat mutu dan selamat sampai proyek selesai. Kami ingin memberi informasi singkat terkait proyek ini, sepanjang 9 Kilometer terdiri dari 5 jembatan, yang terbesar di jembatan Cibereng, bentang 80 meter kontruksi baja melengkung,” pungkasnya. (*/Faqih)

Demokrat
Royal Juli