Resmi Dikukuhkan, ASKI Banten Siap Bantu Petani Kopi

SERANG – Pengurus DPD Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) Provinsi Banten resmi dikukuhkan di Aula Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Rabu (15/9/2021).

Pengurus baru itu dilantik oleh Ketua Umum DPP ASKI, diwakili oleh Humas Sri Hasanah yang disaksikan langsung Kepala Distan Banten, Agus Tauchid, dan Kepala Dinas Pariwisata Banten, Agus Setiawan.

Ketua DPD ASKI Provinsi Banten, Sri Linda dalam sambutanya mengaku siap memajukan kopi khas Banten di kancah nasional dan internasional.

ASKI Banten kata dia, sebagai wadah petani yang berskala nasional juga siap berkolaborasi dengan pemerintah dalam mendampingi petani kopi di wilayah Banten.

Dilain hal, pihaknya juga mengaku telah mempunyai benerapa aktivitas, diantaranya menyelenggarakan kompetisi, seperti kompetisi kopi tubruk.

Hal serupa juga dikatakan Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPD ASKI Banten, Suryadi M. Ia mengatakan, ASKI Banten siap membantu Distan dalam mendampingi petani kopi di Banten.

ASKI Banten juga kata dia, siap mendampingi petani kopi dalam proses produksi maupun pemasaran.

Ia menyebut, jika ASKI Banten akan membuat central kopi atau rumah kopi Banten, guna memiliki kekhasan tertentu untuk para petani, pegiat, dan penikmat kopi.

“Kita pengennya ciri khas Bantennya keluar. Pelaku kopi lengkap dari hulu dan hilir, punya potensi besar. Industri itu ada di Banten,” ujar Suryadi kepada wartawan saat konfirmasi.

ASKI Banten berharap, agar di setiap kedai menyuguhkan kopi asli Banten.

Dikatakannya, Kopi unggulan Banten kini diantaranya meliputi, Robusta Cinangka, Liberika Gunung Karang, Arabica Muncang. (*/Faqih).

Demokrat
Royal Juli