RUPS, Bank Banten Catatkan Laba Rp26,59 Miliar Tahun 2023

pcm koperasi

 

SERANG – PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Perseroda) Tbk (Bank Banten) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) terkait kinerja tahun 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Aston & Convention Center Serang pada hari Selasa (30/4/2024).

Hadir pada acara tersebut, Pejabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar yang mewakili Pemerintah Provinsi Banten selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP), seluruh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Bank Banten serta perwakilian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupan/Kota se-Banten. Agenda RUPS tahunan tersebut terdiri dari lima mata acara.

Pertama persetujuan atas laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023. Kedua, penunjukkan akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2024.

Kemudian yang ketiga, penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2023. Keempat, penyampaian laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum terbatas VI dan penawaran umum terbatas VII perseroan. Terakhir, persetujuan penetapan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. sebagai Bank Induk dalam Kejasama Kelompok Usaha Bank (KUB) dalam rangka pemenuhan modal inti minimum sesuai POJK No.12/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum.

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, dalam sambutannya menyampaikan, saat ini Bank Banten tengah berproses KUB dengan Bank Jatim terkait permodalan.

“Mudah-mudahan semua rencana baik kita ke depan untuk memiliki entitas kebanten tentang Bank kebanggaan kita Bank Banten semakin dimudahkan. Saya yakin profesionalisme jajaran Direksi dan Komisaris Bank Banten akan membuat Bank Banten semakin baik lagi. Dari sisi inovasi layanan berbasis teknologi juga saat ini Bank Banten sudah siap,” ungkapnya.

Loading...

Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten, Muhammad Busthami mengatakan, kinerja perekonomian nasional dan regional sepanjang tahun 2023 relatif tangguh di tengah disrupsi lingkungan global sepanjang tahun 2023, baik dari sisi rantai pasok, bencana alam, volatilitas sektor keuangan serta fragmentasi geo-ekonomi.

“Bank Banten sebagai BUMD milik Pemprov Banten didukung seluruh Banteners, putra/putri terbaik Banten, mampu mencatatkan sejarah dengan menorehkan laba bersih tahun buku 2023 sebesar Rp26,59 miliar,” sebutnya.

Sepanjang tahun 2023 lanjutnya, Bank Banten menyalurkan kredit sebesar Rp3,70 triliun atau naik tipis 0,05% (YoY), Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun sebesar Rp3,73 triliun atau turun 10,25% (YoY).

Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berada di level 95,15% berkurang signifikan dari tahun sebelumnya sebesar 155,94%. DPK yang dikelola sepanjang tahun 2023 mampu mencatatkan Loan to Deposit Ratio (LDR) di level yang optimum sebesar 98,98% meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 88,87%.

Penyaluran kredit yang disalurkan dengan prinsip kehati-hatian mampu menurunkan rasio Non Performing Loan Net (NPL Net) menjadi sebesar 1,09% mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya sebesar 1,39%.

BPRS CM tabungan

Busthami menyampaikan, pencapaian Bank Banten hari ini akan menjadi penambah motivasi bagi seluruh masyarakat untuk terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Bank Banten.

“Ke depannya Bank Banten akan meningkatkan kualitas layanan nasabah dengan melakukan transformasi digital, memperkuat kolaborasi bersama Pemerintah Daerah dengan segera merealisasikan bergabungnya Pemda Kabupaten/Kota terkait pengelolaan RKUD,” terangnya.

Bank Banten mengaku berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan terbaik, yang selalu berorientasi kepada kepuasan nasabah dan meningkatkan nilai manfaat secara berkesinambungan bagi semua pemangku kepentingan, selaras dengan tagline “Bank Banten, Mitra Terpercaya, Sejahtera Bersama“. (*/Faqih)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien