Sebut Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BI Banten Serahkan UPK Pecahan Rp 75.000 Ke DPRD

SERANG – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten, Erwin Soeriadimadja secara simbolis menyerahkan satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75) pecahan Rp 75.000 kepada Ketua DPRD Banten. Demikian diserahkan sebagai wujud apresiasi kepada lembaga wakil rakyat itu yang telah membantu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Banten.

Sebelumnya, Bank Indonesia telah menerbitkan uang rupiah khusus menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.

“Maksud pertemuan kita pada pertemua ini mengantarkan UPK 75 kepada Pak Andra Soni (Ketua DPRD Banten) sebagai wujud apresiasi kita terhadap kemerdekan RI ke 75 yang telah banyak membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di Banten,” ujar Erwin kepada Fakta Banten di Sekretariat DPRD Banten, Curug, Kota Serang, Selasa (25/8/2020).

Rencananya, BI Banten juga akan menyerahkan UPK itu kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Forkopimda, dan kepala daerah kabupaten/kota

Kartini dprd serang

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Banten, Andra Soni menuturkan, salam sejarah Republik Indonesia, BI sudah tiga kali mengeluarkan uang khusus edisi kemerdekaan, yaitu pada HUT ke 25, 50, dan 75.

“Ini adalah bukti pembayaran sah, artinya uang ini bisa digunakan, namun memang uang peringatan dicetaknya terbatas, hari ini ketua DPRD sebagai simbol dari pada perwakilan rakyat ditunjukkan dan diberikan cendramata satu lembar uang pecahan 75 ribu,” katanya

Diberitakan sebelumnya, jika ingin memiliki uang pecahan Rp 75.000 itu, perlu melakukan pemesanan secara online terlebih dahulu. Pemesanan dilakukan di aplikasi Pintar yang telah disiapkan melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Syarat penukarannya yakni warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan setiap pemilik KTP hanya dapat menukar satu lembar UPK 75 tersebut. (*/JL)

Polda