Sinyal Kuat KIM Kembali Bergandengan di Pilgub Banten

Lazisku

SERANG – Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang jadi tim pemenangan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disebut akan berlanjut di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Demikian dikatakan bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany.

“Ada kebijakan di DPP masing-masing KIM, kemarin saya diskusi mendapingi ketum di beberapa kegiatan bahwa menjadi prioritas dengan KIM,” kata Airin usai menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon Gubernur Banten di Kantor DPD Demokrat Banten, Kota Serang, pada Rabu, (22/5/2024).

Politisi Golkar ini mengaku sudah beberapa kali mendampingi Ketua Umum Airlangga Hartanto dan membahas perihal potensi KIM berlanjut di Pilgub Banten. Meski begitu sebutnya, terdapat kebijakan tentang hal tersebut di masing-masing DPP yang tergabung dalam KIM.

KIM sendiri terdiri dari 10 partai politik. Empat di antaranya partai politik yang masuk dalam parlemen, yaitu Partai Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat. Sementara, partai non parlemennya yakni PBB, Gelora, Garuda, PSI, Partai Aceh dan Partai Prima.

“Pusat sudah komunikasi, Ketum Pak Airlangga dengan KIM baik Gerindra, Demokrat, PAN dan lainnya, sedikit banyak diskusi hal tersebut. Sepertinya dipusat juga banyak ada yang dikomunikasikan,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat Banten Iti Jayabaya menambahkan, jika pihaknya ditingkatan DPD diminta untuk memperioritaskan KIM pada kontestasi Pilgub Banten 2024.

“Kalau arah sebelumnya memang begitu, yang pertama kami harus melakukan komunikasi dengan KIM dulu, karena artinya kan kemarin kita sudah bersama-sama, tinggal nanti dalam perhelatan Pilkada itu tentunya kita juga enggak bisa mengunci koalisi,” kata Iti.

Seperti diketahui, terdapat sejumlah nama yang akan maju Pilgub Banten di dalam komposisi KIM. Di antaranya Airin dari Golkar, Andra Soni dari Gerindra, serta Iti dan Arief dari Demokrat. (*/Faqih)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien