Airlangga: Semua UMKM Harus Bergabung ke Koperasi

JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta agar seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia bergabung dalam koperasi.

“Saya berharap semua pelaku UMKM bergabung dalam koperasi,” kata Airlangga pada Acara Puncak Hari Koperasi Nasional Ke-74 secara virtual, Senin (12/7/2021) malam.

Turut hadir dalam acara itu yang diselenggarakan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu adalah Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid; dan Deputi Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi serta seluruh pimpinan cabang dan daerah Dekopin di Indonesia.

Menurut Airlangga, gerakan koperasi salah satu gerakan penting di Indonesia. Pasalnya, koperasi mengedepankan kemandirian, transparansi dan kejujuran.

Airlangga meminta agar Dekopin turun ke desa-desa, bangun ekonomi desa dengan koperasi.

“Bangun ekonomi dengan koperasi,” kata dia.

Bank Banten hut

Menurut Airlangga, ekonomi Indonesia masih tertolong di saat pandemi karena sektor UMKM. Itulah pentingnya UMKM harus bergabung dalam koperasi.

Sementara Ahmad Zabadi yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam acara itu mengatakan, sudah saatnya koperasi tidak hanya bergerak dalam sector simpan pinjam dan kredit tetapi bergerak dalam sector produksi dan pertanian.

“Sudah saatnya koperasi berderak di sector produksi dan sector pertanian,” kata dia.

Ahmad Zabadi mengatakan, pemerintah terus bekerja sama semua stakeholder untuk membangun koperasi Indonesia.

Airlangga menambahkan, pihaknya menyambut baik langkah Dekopin meningkatkan kualitas koperasi Indonesia dengan program digitalisasi.

“Presiden Jokowi sudah sering mengatakan agar semua pelaku usaha terutama koperasi melek dengan digitalisasi,” kata dia. Airlangga juga meminta agar koperasi bisa memasarkan produk-produk koperasi sendiri. (*/Beritasatu)

Royal Juli