Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok Mulai Naik

SERANG – Kebutuhan bahan pokok hingga bumbu dapur di Pasar Baru, Kota Cilegon, Banten, mengalami kenaikan harga pada H-4 lebaran.

“Bawang merah juga naik Rp 5 ribu jadi Rp Rp40 ribu perkilogram. Biasa kalau mau lebaran mah,” kata Leni, pedagang bumbu dapur saat ditemui di lapak dagangannya, Jumat (31/05/2019).

Sedangkan lanjutnya, harga beras premium lokal masih pada kisaran Rp 10 ribu per kilogram Lebih mahal jika dibandingkan dengan harga beras premium Bulog, sebesar Rp 9.450 per kilogramnya.

“Kalau daging ayam yang besar Rp 40 ribu per ekornya. Kalau yang kecilan Rp 35 ribu,” kata Siska Dwi Astuti, pedagang ayam potong.

Selain itu, harga bawang putih yang sebelumnya pernah mencapai Rp 50 ribu perkilogram, kini mengalami penurunan di harga Rp 40 ribu per kilogram.

Sedangkan komoditas cabai, mengalami kenaikan Rp 10 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya senilai Rp 28 ribu.

“Harga Rp 110 ribu perkilogram daging sapi. Biasanya mulai kurang tiga hari (Idul Fitri) sudah mulai naik. Sudah mulai ramai yang beli daging,” kata Wawan, pedagang daging sapi.

Sementara itu Srie Agustina, Inspektur Jenderal Kementrian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, secara umum harga bahan pokok, daging dan bumbu dapur masih dalam kondisi yang stabil menjelang Idul Fitri 2019.

“Secara umum stok cukup dan terkendali, harga secara umum relatif stabil. Ada beberapa harga relatif turun dan tetap,” katanya saat meninjau harga di Pasar Baru Kota Cilegon.

Menurutnya, jika memang terjadi kelangkaan bahan pokok, daging hingga bumbu dapur, maka tim pemantau pasokan daerah akan segera melapor ke Kemendag, dan biasanya langsung didistribusikan sesuai dengan kebutuhan.

Babar Suharso, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten menjelaskan, salah satu langkah memantau ketersediaan bahan pokok dan menjaga stabilitas harga adalah dengan melakukan sidak langsung ke pasar-pasar.

“Sekiranya ada keterlambatan suplai akan kita laporkan dan biasanya langsung penugasan ke distributor ataupun produsen (untuk segera disalurkan),” tandasnya. (*/Dave)

Honda