Warga Merak Keluhkan Bau Gas Menyengat, Diduga dari Pertamina LPG Tanjung Sekong

CILEGON – Warga Kecamatan Pulomerak diresahkan oleh bau gas yang diduga dari kebocoran dari PT Pertamina LPG dan Gas Product Region Terminal LPG Tanjung Sekong yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Lebak Gede, Merak, pada Minggu (2/2/2020) siang.

Seperti yang dikatakan oleh warga Link. Babakan Seri, Kelurahan Taman Sari, Badiamin Sinaga, yang mengeluhkan bau menyengat gas tersebut. Menurutnya bau gas tersebut sudah mencapai jarak hingga ke kawasan padat penduduk di Pulomerak.

“Bau gas bocor kami duga dari Pertamina Tanjung Sekong ini, biasanya kebocoran baunya dalam radius Lebak Gede saja, ini udah sampai ke Pasar Merak baunya. Sejak jam 12 sampe sekarang (Pukul 16.30 WIB),” ungkap Badiamin kepada Fakta Banten.

Sebagai warga terdampak, Badia juga meminta pihak Pertamina LPG Tanjung Sekong untuk menjelaskan bau gas menyengat tersebut kepada warga.

Dia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Cilegon untuk segera turun tangan, melakukan investigasi kebocoran gas dan mendeteksi dampak bagi kesehatan warga.

“Kalau memang ini tidak berdampak pada kesehatan tubuh, seharusnya ada pemberitaan dari pihak Pertamina dalam hal ini LPG Tanjung Sekong. Saya minta kepada Dinas LH Kota Cilegon harus cari tahu, ini kebocoran atau seperti apa,” ujarnya, tegas.

“Dinas LH harus serius karena dampak kesehatan jika mengirup gas seperti sesak nafas, kepala berat dan pusing, kerusakan saraf tubuh termasuk jaringan otak, kerusakan jaringan paru dan lainnya,” imbuhnya.

Keluhan dan ungkapan kekesalan juga disampaikan warga Pulomerak ke Media Sosial Facebook. Seperti yang ditulis oleh akun @Irgi Gunawannew sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kebocoran gas imbas/baunya sampe k Merak. Brengsek doang depo Pertamina Lebak Gede. Pegawainya mag ga ada orang sini, kalau pun ada bsa d hitung dgn jari, itu lantaran orang jero (dalam),” tulisnya.

Kartini dprd serang
Postingan media sosial warga Merak yang mengeluh adanya pencemaran bau gas menyengat / Net

Dalam waktu 12 menit saja, postingan status Irgi sudah disambut komentar pedas para netizen yang sepertinya juga masih warga Pulomerak.

Akun @Aco Semakin Melesat:
“Serbu lah”

Akun @Andrie Prayitno Tantra:
“Sampe k cium di engkeran juga… Padahal d sini masak pakai kompor listrik smua..”

Akun @Dede Kartini:
“Tapi orang sekitar nya pada betah yaa Pdhl klo lewat aja kecium baunya ampe pusing,”

Akun @Tomi Ricardo:
“Waddaww pantesan bau gas dari tadi..”

Namun hingga sore berita ini diturunkan, pihak manajemen Depo Gas Pertamina Tanjung Sekong, Merak belum bisa dikonfirmasi oleh wartawan. (*/Ilung)

Polda