atas

Kunjungi PT KS, Rachmat Gobel : Mari Kita Dukung Produk Dalam Negeri

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel beserta anggota DPR RI perwakilan dari komisi 5 dan 6 melakukan kunjungan ke pabrik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (Krakatau Steel) di Cilegon, Banten yang diterima oleh Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Dalam paparannya, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan bahwa Krakatau Steel telah berusaha dengan keras melakukan transformasi dan program efisiensi sejak 2019, kini produk baja unggulan Krakatau Steel yakni Hot Rolled Coil (HRC)/Baja Canai Panas dan Cold Rolled Coil (CRC)/Baja Canai Dingin semakin kompetitif dan sesuai dengan standar produk kualitas ekspor yang berkualitas tinggi.

Sunat

“Produk kami semakin kompetitif, dan sekarang sudah diakui oleh pasar internasional. Dimulai dari tahun 2020, produk HRC Krakatau Steel berhasil menembus pasar ekspor Australia dan Malaysia. Kemudian baru-baru ini pun Krakatau Steel melakukan ekspor baja HRC ke benua Eropa sebanyak 20.000 ton dengan negara tujuan Portugal, Italia, dan Spanyol,” jelas Silmy.

Dalam pemaparannya di hadapan peserta kunjungan dari DPR RI, disebutkan bahwa di tahun 2020 impor baja karbon di Indonesia telah turun menjadi sebesar 3,11 juta ton. Namun angka tersebut masih relatif tinggi dan dalam melawan derasnya produk impor, Krakatau Steel telah berbenah diri dan sudah bertransformasi menjadi lebih efisien dengan banyaknya penghematan yang sudah dilakukan. Diantaranya, di tahun 2020, Krakatau Steel mampu menurunkan biaya operasional hingga 41%. Terlebih dengan sudah mulai diterapkannya harga gas industri sebesar USD6 per MMBTU yang juga membuat biaya produksi menjadi lebih efisien.

mia