Dinkes Lebak Ingatkan Warga Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Lazisku

LEBAK – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dan Puskesmas Cibadak mengadakan Penyuluhan Sosialisasi Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) kepada warga Asem, Kecamatan Cibadak, Selasa (2/7/2019).

Posbindu PTM sendiri merupakan suatu kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Sedangkan yang termasuk PTM utama ini adalah diabetes melitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru obstruktif kronis dan HT.

Ks

Kasie PPTM Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Nina Septiana Dwi Indarti mengatakan, ada sekitar 100 orang yang diperiksa yang terdiri 10 laki-laki dan 90 perempuan.

Kpu

“Dari jumlah yang 100 orang rata rata mengalami penyakit Hipertensi, diabetes serta kolesterol,” ungkapnya.

Nina menjelaskan, dari semua yang dilakukan screening merasa bahwa dirinya sehat-sehat saja, nanti akhirnya baru mengetahui kalau ternyata sakit.

“Kondisi seperti ini memang banyak ditemukan sehingga terkadang nanti ada gejala yang dirasakan baru memeriksakan diri,” kata Nina.

Sementara itu, Teti (35) salah satu warga Asem sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan.

“Kegiatan PPTM ini sangat berguna bagi kami khususnya warga Asem, karena bagi kami warga yang kurang mengerti kesehatan sangat berguna dan banyak manfaatnya,” ucap Teti. (*/Sandi)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien