Masyarakat Lebak Keluhkan Sulitnya Lapangan Pekerjaan

LEBAK – Masyarakat di Kecamatan Bayah mengeluhkan lapangan pekerjaan lantaran tak mendapatkan kesempatan masuk PT Cemindo Gemilang. Padahal, pabrik yang memproduksi semen itu berlokasi di daerah dan mengeruk kekayaan alam mereka.

Demikian terungkap saat Anggota DPRD Banten Ade Hidayat melaksanakan reses masa sidang III Tahun 2020 di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Lebak.

“Mereka berkata pabrik itu berdiri di desa kami dan mengeruk kekayaan. Tapi mereka tidak punya kesempatan kerja di sana,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (30/8/2020).

Masyarakat meminta pemerintah bisa mendorong pabrik agar masyarakat mendapatkan kesempatan di pabrik tersebut.

Advertorial

Advertorial

Atas keluhan tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD Banten ini mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat Banten, terlebih kepada masyarakat sekitar pabrik.

“Pemprov harus mendorong komitmen bersama PT Cemindo agar memprioritaskan masyarakat sekitar pabrik sebagai tenaga kerja. Adanya pabrik harus manfaat untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Padahal kata Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lebak ini, masyarakat sekitar yang lebih dulu merasakan dampak dari segala aktivitas adanya pabrik.

“Buat apa ada pabrik besar kalau pabrik itu cuma bisa merusak dan tidak membantu masyarakat. Pemprov harus turun tangan membela kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (*/JL)