Terkait Iuran Calon Kades, Ini Kata Kadis DPMD Lebak

LEBAK– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak sebanyak 266 Desa di Kabupaten Lebak rencananya akan dilaksanakan pada 26 September 2021 mendatang dan belum ada rencana terkait pengunduran jadwal.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Sindangratu, Kecamatan Panggarangan, Wawan Wanian, Ia mengungkapkan yang memiliki 5 kandidat bakal calon Kepala Desa dan dikenakan iuran sebesar Rp6 juta dengan berdalih pihak panitia kekurangan anggaran sekitar Rp30 juta.

Pihaknya menyayangkan adanya pemberlakuan iuran yang dibebankan oleh pihak panitia kepada kandidat bakal calon kepala desa.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Fakta Banten terkait iuran tersebut, Kadis BPMD Lebak mengungkapkan dana tersebut tidak ada yang kurang.

“Kami rasa tidak ada yang kurang apabila penggunaannya sesuai dengan Donsum atau Perbup,” ujar Babay Imrony, Kepala Dinas DPMD Lebak saat dikonfirmasi Fakta Banten via WhatsApp, Rabu (28/07/2021).

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai adanya kekurangan anggaran Pemilihan Kepala Desa, babay pun menjawab singkat.

“Kalau ada kekurangan bisa dari dana desa (DD) dan dana desa yang akan digunakan untuk pemilihan kepala desa tidak ada persentasenya melainkan disesuaikan dengan kebutuhan kalau masih tidak terpenuhi baru dari calon. Dengan catatan harus masuk kas desa dulu,” tukasnya. (*/EzaYF)

Demokrat
Royal Juli