6 Fakta Viral Herman Gondrong Pengganda Uang, Mengaku Ustadz hingga Pakai Duit Palsu

DPRD Pandeglang Adhyaksa

JAKARTA – Herman Gondrong menghebohkan dunia maya karena beraksi seolah-olah bisa menggandakan uang. Uang ratusan juta rupiah bermunculan dari dalam kotak di depan pria yang mengaku ustadz itu.

Berkat aksinya itu, Herman Gondrong ditangkap polisi. Sejumlah fakta pun terungkap terkait praktik penggandaan uang pria berpakaian serba hitam itu.

  1. Menggunakan Jenglot

Sebelum mengeluarkan uang dari kotak, Herman tampak melakukan ritual mengotak atik benda benda di dalam kotak. Tampak ada tisu atau kertas, kotak dengan cermin di bagian dalamnya, jenglot, dan lainnya.

Setelah proses ritual beberapa lama, Herman menarik slot dari kotak dan mendapati uang pecahan ratusan ribu Rupiah. Uang tersebut tampak ditarik dari lipatan secara terus menerus.

“Ada mungkin 300 juta,” kata salah seorang warga yang melihat.

Video penggandaan uang pun berakhir, di mana uang pecahan itu dimasukkan kembali ke dalam kresek hitam.

  1. Jadi Tersangka dan Ditahan

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi menahan dan menetapkan Herman Gondrong, dukun yang mengaku sebagai ustadz sebagai tersangka.

Sebelumnya, petugas mengamankan pria yang akrab disapa Gondrong itu pada Minggu (21/3) malam di kediamannya di Gang Veteran RT 01 RW 03, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Kepala Kepolisian Sektor Babelan, Kompol Ghulam Nabi Pasaribu mengatakan, Herman sudah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Namun, dia enggan menjelaskan pasal yang menjerat pria tersebut.

BPRS CM tabungan
  1. Uang Palsu
Loading...

Polisi menyatakan bahwa Herman Gondrong menggunakan uang palsu saat beraksi. Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Polisi pun lantas membakar uang palsu tersebut.

  1. Mengaku Ustadz

Herman alias Gondrong, dukun pengganda uang di Bekasi kepada warga mengaku sebagai ustadz. Namun setelah ditangkap polisi, kedok Herman terbongkar. Ternyata dia bukan ustadz, Herman hanyalah seorang dukun.

Kepala Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, pelaku Herman yang mengaku sebagai ustadz tidak mengerti Surah Surah Al-Quran saat diamankan petugas.

”Mengaku-ngaku saja sebagai ustadz, ditanya Surah Surat Alquran enggak ngerti,” katanya.

  1. Istrinya Ikut Diperiksa

Hendra menambahkan, tidak hanya sang pemeran dalam video viral tersebut yang diselidiki, istri dari pria pengganda uang itu pun kini juga tengah dalam pemeriksaan pihak kepolisian.

”Yang terkait orang yang dalam video itu masih dalam penyelidikan, tadi kita periksa juga, klarifikasi, istrinya yang menyebar video itu sedang kita lakukan pemeriksaan,” tegasnya.

  1. Penampakan Rumah

Sebelum viralnya video tersebut, warganya kerap melihat sejumlah orang berkunjung ke rumah yang bertempat di Gang Veteran, RT 01 RW 03, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Pantauan di lokasi, rumah Herman sangat sederhana. Cat temboknya yang berwarna pink sudah mulai kusam. Atap rumahnya pun terbuat dari asbes dan genteng.

”Yang saya tau biasanya ada orang berkunjung dan menanyakan ustadz Herman, namanya ustadz kan banyak disini atau dai tinggal disini sekitar tiga empat tahun,” ujar Ketua RT 01 Kelurahan Bahagia, Mubaidi, Senin (22/3/2021).

Namun, warganya yang tinggal di sekitar rumah Herman mengaku tidak mau ambil pusing atas praktik penggandaan uang yang dilakukan pria tersebut.

”Biar pihak polisi saja yang menyelesaikan, saya sama warga tidak mau ambil pusing,” ungkapnya. Kini, rumah berwarna merah muda yang menjadi tempat ritual penggandaan uang yang sempat viral di media sosial nampak sepi. (*/Okezone)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien