6 Ritual Tahun Baru Teraneh di Dunia

FAKTA BANTEN – Selain pesta kembang api, kumpul bersama orang terkasih, dan pesta makanan, berbagai kelompok masyarakat di seluruh dunia punya cara masing-masing dalam menyambut Tahun Baru.

Beberapa cara terdengar aneh, namun begitulah kenyataannya. Berikut daftar tradisi dan takhayul Tahun Baru dari seluruh dunia dikutip dari laman Indy Star, Selasa 1 Januari 2019:

1. Memakai pakaian dalam merah

Di Meksiko dan negara Amerika Latin lainnya, pakaian dalam berwarna merah, hijau, dan emas (atau kuning) jumlahnya melimpah di berbagai toko pakaian tepat sebelum malam Tahun Baru. Orang-orang memakai celana dalam dengan warna tersebut punya berbagai tujuan. Seperti merah untuk menemukan cinta, hijau atau kuning dan emas untuk kekayaan, dan putih untuk kedamaian di tahun baru.

2. Mengemas pakaian di koper

Di Kolombia dan negara berbahasa Spanyol lainnya, orang-orang akan mengambil koper dan membawanya sepanjang hari atau mengelilingi lingkungan rumah sambil membawa koper di tengah malam. Cara ini bukan tanpa arti. Maksudnya adalah agar harapan bisa bepergian lebih sering di tahun baru nanti.

3. Makan 12 butir anggur

Kebiasaan ini ada di Spanyol. Banyak warga memakan 12 butir anggur tepat di tengah malam. 12 anggur sendiri mewakili jumlah bulan dalam satu tahun.

4. Bersih-bersih rumah

Melakukan aksi bersih-bersih rumah merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan orang Amerika Latin sebelum Tahun Baru. Mereka akan melakukan pembersihan sebelum tepat pergantian tahun. Sampah-sampah di dalam rumah juga tak luput dari pantauan, dengan maksud membuang sampah selama setahun yang dapat mencegah hal negatif di tahun baru.

5. Makan kacang hitam

Banyak orang di bagian selatan Amerika Serikat percaya bahwa memakan kacang bermata hitam atau sup kacang mata hitam sebagai hidangan Tahun Baru bisa memberikan kemakmuran keuangan di Tahun Baru.

6. Bakar koran bekas

Di Ekuador, begitu jam mencapai tengah malam, para keluarga akan pergi keluar rumah untuk membakar orang-orangan sawah dari koran bekas. Boneka ini melambangkan segala hal buruk yang telah terjadi selama setahun kemarin. Membakarnya punya makna mengusir segala hal negatif di tahun baru. (*/Viva)