Buka KTT G20, Presiden Jokowi Ajak Akhiri Perang

 

BALI – Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka KTT G20 di Bali pada Selasa (15/11/2022).

“Suatu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20, saya mengerti kita perlu upaya besar untuk dapat duduk bersama di ruangan ini,” kata Jokowi sebelum dimulainya pertemuan sesi pertama.

Dilansir dari Kantor berita AFP, dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengajak kepada anggota G20 untuk mengakhiri perang.

Ks nu

“Menjadi bertanggung jawab berarti menciptakan situasi yang tidak zero-sum, bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang. Jika perang tidak berakhir, akan sulit bagi dunia untuk bergerak maju,” kata Presiden Jokowi kepada para pemimpin negara anggota G20.

Dia juga menyerukan kepada anggota G20 harus menghindari Perang Dingin lain.

“Kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Kita tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam Perang Dingin yang lain,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu, dia menyatakan bahwa Kelompok 20 ekonomi utama harus berhasil mengatasi krisis paling mendesak di dunia.

“Hari ini, mata dunia tertuju pada kita. Akankah kita berhasil mencetak keberhasilan? Atau kita akan menambah satu kegagalan lagi? Bagi saya, G20 harus berhasil, tidak boleh gagal,” katanya kepada para anggota pada pembukaan KTT G20. (*/Kompas)

Cibeber nu