Hasil Rakernas: Anies, Andika dan Ganjar, Bakal Capres 2024 yang Direkomendasikan Partai NasDem

Erick Thohir Tak Dapat Rekomendasi NasDem

FAKTA – Partai NasDem resmi mengumumkan tiga nama kandidat bakal calon presiden yang direkomendasikan untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Tiga nama bakal Capres hasil pleno Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem yang ditutup Jumat (17/6/2022) malam ini, adalah pertama Anies Baswedan, kedua Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

“Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, pilihan Rakernas,” kata Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, dalam sambutannya di penutupan Rakernas yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Surya Paloh menyampaikan nama-nama bakal Capres 2024 yang akan diusung Partai NasDem itu, setelah membuka surat rekomendasi hasil rapat pleno Rakernas.

“Saya akan bacakan rekomendasi nama. Pertama, Anies Rasyid Baswedan, Kedua, Muhammad Andika Perkasa, Ketiga, Ganjar Pranowo,” tuturnya.

Lebih lanjut, Surya Paloh menegaskan bahwa dari ketiga nama tersebut tak ada nama satu pun yang tiba-tiba dimunculkan. Nantinya dari tiga nama itu akan dipilih lagi satu nama, namun tak akan langsung dilakukan hari ini.

“Saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu pun dari tiga nama ini, tidak ada yang kurang, nilainya (semua) sama,” ucapnya.

Rekomendasi Capres dari 34 DPW

Advertorial

Advertorial

Sebelumnya, DPP Partai NasDem telah menerima nama bakal Capres 2024 hasil rekomendasi dari 34 DPW di seluruh provinsi di Indonesia.

Totalnya ada 25 nama yang telah masuk dalam penyampaian rekomendasi di Rakernas Partai NasDem kali ini. Dari nama-nama tersebut, ada lima nama yang menjadi terbanyak direkomendasikan.

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua DPR Fraksi NasDem Rachmat Gobel, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dari daftar rekapitulasi, Anies Baswedan menempati posisi puncak dengan diusulkan oleh 32 suara DPW. Di peringkat kedua ada Ganjar dengan 28 suara.

Sementara itu, tempat ketiga diisi dua nama, yaitu Erick Thohir dan Jenderal Andika Perkasa, yang sama-sama memperoleh 15 suara. Di posisi keempat ada nama Rachmat Gobel dengan 13 suara.

Dalam penjaringan bakal capres NasDem, setiap DPW menyerahkan sejumlah nama. Ada DPW yang hanya menyerahkan 2 nama, ada yang 3 nama, hingga 6 nama.

Berikut ini hasil rekapitulasi suara bakal Capres 2024 usulan DPW NasDem :

Anies Baswedan 32
Ganjar Pranowo 28
Erick Thohir 15
Andika Perkasa 15
Rachmat Gobel 13
Syahrul Yasin Limpo 7
Ridwan Kamil 5
Lestari Moerdijat 5
Prananda Surya Paloh 5
Khofifah Indar Parawansa 4
Ahmad Sahroni 4
Dudung Abdurachman 2
Ahmad Ali 2
Wahidin Halim 1
Sandiaga Uno 1
Isran Noor 1
Siswono Yudhohusodo 1
Viktor B. Laiskodat 1
Dominggus Mandacan 1
Mathius Awoitauw 1
Herman Deru 1
Sofyan Djalil 1
TGB Muhammad Zainul Majdi 1
Surya Paloh 1
Syarif Fasha 1
Siti Nurbaya Bakar 1