Kpu

Ini 7 Titik Posko Mudik Lebaran dengan Layanan Pangkas Rambut Hingga Makan Sahur

 

JAKARTA –  Dompet Dhuafa pada tahun ini kembali membuka layanan pemudik sebagai upaya membantu kenyamanan serta mengakomodir para pemudik untuk tetap selamat hingga sampai tujuan.

Adapun titik pelayanan mudik terpadu Dompet Dhuafa tahun 2023 terdapat 7 (tujuh) titik meliputi:

1.SPBU 34.421.01 Toyomerto, Jl. Raya Serang – Cilegon Desa Wanayasa, Kec Kramatwatu – Layanan lengkap 24 jam seperti kesehatan, service motor, pangkas rambut, pijat, takjil buka &sahur, area bermain + pos charger) dengan tambahan armada : Ambulance;

2.Di jalur Pantura tepatnya di ruas Pekalongan, Masjid Al Karomah, dengan layanan lengkap 24 jam meliputi kesehatan, service motor, pangkas rambut, pijat, takjil buka &sahur, area bermain + pos charger serta armada ambulance LKC DD Jateng sebagai antisipasi tindakan cepat medis bagi pemudik;

3.Lalu ada di Nagreg (Warung Nasi Amparan Sunda) Jl. Raya Bandung – Garut Kp Paslon Desa Ciherang Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung dengan Jam Operasional 24 jam (jalur Tengah) fasilitas layanan seperti kesehatan, service motor, pangkas rambut, pijat, takjil buka & sahur, area bermain + pos charger serta armada ambulan LKC Dompet Dhuafa. Demi meningkatkan konsumsi para pemudi, kami menyiapkan dapur keliling Dompet Dhuafa yang akan berlokasi di area layanan pemudik ruas Nagreg;

4.Di Jakarta, kami akan sediakan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dengan layanan terdiri kesehatan, service handphone, takjil buka puasa bagi para pemudik;

5.Sementara di ruas Rest Area KM 166 Cipali, dengan layanan kesehatan serta armada ambulan;

6.Untuk di wilayah Jawa Timur tepatnya di Rest Area KM 695 A Jombang menyediakan Pijat, pos hangat, pos charger hingga bekam kering bagi pemudik;

Advertorial

Advertorial

7. Dan di Banyuwangi tepatnya di Masjid Abnais Sabil dengan jam operasional 24 jam membuka layanan pijat, pos hangat, pos charger hingga bekam kering.

Ketua Layanan Pemudik 2023 Dompet Dhuafa, Reita Annur mengatakan Dompet Dhuafa juga menyiapkan dapur keliling yang akan berlokasi di area layanan pemudik ruas Nagreg.

“Di sisi lain Dompet Dhuafa juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam perjalanan serta dapat melakukan layanan berziswaf melalui layanan pemudik di 7 titik tersebut. Sehingga masyarakat dapat mudik dengan aman, nyaman serta berziswaf dengan mudah,” katanya saat Diskusi Publik bertema Layanan Pemudik Terpadu: Melayani Dari Hati, Mudik Hati-Hati yang digelar Dompet Dhuafa di Philanthrophy Building, Senin (17/4/2023).

Di sisi lain Yusuf Wibisono Direktur Institute For Demographic and Poverty Studies (IDEAS), mengatakan perpindahan masyarakat bisa memacu pertumbuhan ekonomi.

“Perpindahan masyarakat dari kota-kota besar diharapkan dapat memicu peningkatan ekonomi di pedesaan serta membangun wilayah-wilayah yang tertinggal menjadi lebih maju. Giat UMKM juga meningkat seiring perpindahan masyarakat pada arus mudik tahun ini,” ujarnya.

“Kami juga membantu masyarakat dalam arus mudik tahun ini dengan menyediakan program mudik gratis bagi masyarakat untuk berbagai kota tujuan,” tambah Fauzi.

Fajar Shalman Alfariz selaku Penasehat Komunitas Kolektor Tiket Bus memberikan tips-tips bagi pemudik dengan moda transportasi bus.

Menurutnya, para pemudik diharapkan untuk membeli tiket ke agen-agen resmi bukan melalui calo, serta percaya kepada aplikasi-aplikasi ternama untuk menghindari penipuan tiket.

“Saat mudik, bawa barang-barang seperlunya jangan menonjolkan perhiasan yang akan mengundang kejahatan,” pungkasnya. (*/Red)