Kabupaten Aceh Timur Panen Raya Udang Vaname Aquakultur

 

ACEH TIMUR – Pejabat Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin melakukan panen raya udang vaname hasil budidaya dengan sistem aquakultur di Desa Matang Neuhen Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, Kamis, (29/6/2023)

“Hari ini kita melakukan panen perdana yang merupakan investasi tambak udang vaname di Aceh Timur, yang mana hasilnya sangat memuaskan, ” ujar Mahyuddin usai melakukan panen perdana yang didampingi pejabat lainnya yakni Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur Drh Cut Ida Maria MAP bersama juga Hasbalah / Rocky mantan 2 periode Bupati Aceh Timur

Bupati menjelaskan untuk bisa memanen udang tersebut, membutuhkan waktu sekitar 100 hari. Hasil panen yang didapat yakni sebanyak 9 ton untuk setiap kolamnya.

Kawasan tambak terdiri tersebut dari 12 petak kolam dengan luasan masing-masing 2.500 meter persegi, tambak juga dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah (Ipal) dan tandon air. Kawasan ini dikelola oleh Rocky yang sudah banyak mempelajari keberhasilan dari Tambak udang berkelanjutan PT Parigi Aquakultura Prima Group

“Ini merupakan panen perdana, dari panen parsial awal kita ikuti dengan jumlah 8,5 ton. Kemudian panen parsial kedua yakni 10,5 ton. Diharapkan panen perdana ini bisa mencapai 57 ton, dari jumlah benur yang ditabur sebanyak 3,2 juta, ” jelas dia.

Kartini dprd serang

Klaster tambak tersebut dibangun untuk meningkatkan produktivitas, sehingga kesejahteraan masyarakat pun akan naik. Pihaknya menargetkan indeks kesejahteraannya meningkat hingga mencapai 140.

Dia berharap masyarakat dapat menyerap ilmu budidaya udang vaname. Apalagi Aceh Timur merupakan wilayah pesisir dengan jumlah lahan tambak yang luas.

klaster tambak ini bangun untuk meningkatkan produktivitas, sehingga kesejahteraan masyarakat naik.

Sebelumnya, dilakukan revitalisasi tambak sehingga produktivitas tambak dengan model klaster lebih tinggi dan lebih ramah lingkungan.

Program revitalisasi tersebut ditargetkan dapat meningkatkan kuantitas panen udang vaname, serta sebagai sarana edukasi bagi masyarakat pembudidaya. Dengan demikian diharapkan dapat berkontribusi tinggi pada target produksi udang nasional.

Teknisi budidaya udang vaname, Muarif, mengatakan banyak sekali keunggulan budidaya vaname dengan sistem aquakultur.

“Salah satunya udang vaname bisa ditebar dangan padat tebar yang tinggi. Kemudian untuk mendapatkan panen yang bagus ada beberapa yang harus diperhatikan, salah satunya kualitas air, pakan yang cukup,dan pemberian vitamin,sehingga pada saat panen hasilnya lebih memuaskan, ” kata Muarif. ***

Polda