Pelatihan Dukungan Psikologis Awal, Mendengar Aktif dan Stabilisasi Emosi untuk Siswa SMA se-Bandung Raya

 

BANDUNG – Permasalahan remaja dalam beberapa tahun terakhir ini diwarnai dengan hal-hal seputar kecanduan game online, kekerasan dalam berpacaran, bullying, pinjaman dan judi online serta permasalahan lain yang tidak sederhana.

Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023 pun memberikan perhatian khusus pada remaja yaitu dengan memberikan bagian pembahasan tentang depresi pada anak muda di Indonesia.

Permasalahan ini tentunya perlu mendapatkan perhatian bahkan penanganan sesegera mungkin agar dapat mencegah dampak serius dan bersifat jangka panjang.

Loading...

Program Studi Psikologi – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berusaha memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan ini dengan mengadakan Pelatihan Dukungan Psikologis Awal, Mendengar Aktif dan Stabilisasi Emosi kepada 19 siswa SMA yang terpilih dari 7 sekolah di Bandung Raya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah menyiapkan siswa agar dapat memberikan pertolongan psikologis awal kepada teman-teman di sekitar mereka yang membutuhkan.

Kegiatan pelatihan diadakan secara daring (2 Juni) dan luring (26 Juni). Pada pelatihan yang diadakan tersebut, siswa mendapatkan materi dan diberikan kesempatan untuk dapat mempraktikkan cara-cara melakukan stabilisasi emosi serta mendengarkan aktif saat memberikan pertolongan.

Pemateri pada kegiatan pelatihan adalah para dosen Psikologi-UPI yaitu Sitti Chotidjah, M.A., Psikolog.; Anastasia Wulandari, M.Psi., Psikolog.; dan Farhan Zakariyya, M.Psi., Psikolog. Selain itu dibantu juga oleh Helli Ihsan, M.Si.; Lira Fessia Damayanti, M.Pd., Psikolog; Ghinaya Ummul Mukminin, M.Pd. Mia Artini, S.Pd. serta Ninda Julianti Pratama Putri, Ninik Qoni’ah, Salma Dinna Putri, Elya Salsabila, Agung Taufiq dan Ali Roshid Ridho sebagai fasilitator.

Ucapan terima kasih tidak lupa kami haturkan kepada pihak sekolah yang telah memberikan ijin serta kesempatan kepada siswa-siswa mereka untuk hadir dan mengikuti kegiatan ini serta pada pihak yang pemberi dana sehingga kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini dapat terlaksana yaitu Universitas Pendidikan Indonesia. ***

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien