Barcelona vs Eibar, Menanti Terjungkalnya Real Madrid di Malaga

Gerindra Nizar

BARCELONA – Minggu, 21 Mei 2017, akan menjadi laga terakhir yang menentuan gelar juara di Divisi Primera La Liga Spanyol.

Barcelona masih berpeluang untuk menobatkan diri menjadi kampiun kala menjamu Eibar di Nou Camp dini hari nanti. Laga ini akan berlangsung bersamaan dengan rivalnya El Real vs Malaga pada pukul 01.00 WIB.

Rivalnya Real Madrid tentu punya keuntungan dengan unggul tiga poin atas Barcelona. Hasil seri cukup memastikan pasukan Zinedine Zidane itu menjadi juara Liga Spanyol.

Fraksi serang

Sebagai juara bertahan La Liga,
Barcelona masih belum menyerah untuk mempertahankan gelar juara mereka pada musim ini.

Pada tengah pekan lalu, El Barca dikudeta dari posisi puncak klasemen La Liga. Kemenangan Real Madrid dari Celta Vigo membuat mereka harus turun ke peringkat kedua, tertinggal 3 poin dari rivalnya itu.

Harapan juara Barcelona masih belum sepenuhnya sirna. Andaikan Real Madrid kalah pada pertandingan pekan ke 38 La Liga nanti dan mereka menang kontra Eibar, maka mereka akan keluar sebagai juara karena unggul produktivitas gol daripada Los Blancos. Untuk itu mereka akan terus berjuang hingga titik darah penghabisan pada pertandingan terakhir La Liga musim ini.

Pada jornada terakhir musim ini. El Barca dijadwalkan akan berhadapan dengan Eibar. Tim yang baru promosi ke La Liga pada tahun 2014 silam ini sekarang tengah menempati posisi 8 di papan klasemen sementara La Liga. Laga ini juga memiliki arti penting bagi Eibar karena mereka tengah dipepet oleh Deportivo Alaves dan Espanyol di peringkat 9 dan 10. Untuk itu mereka akan berjuang keras untuk mengamankan poin pada pertandingan terakhir La Liga ini.

Barcelona yang memiliki rekor sempurna kontra Eibar. Mereka memenangkan 5 pertandingan terakhir mereka kontra Eibar, semenjak tim asal Basque itu promosi pada tahun 2014 silam. Untuk itu mereka dipercaya tidak akan kesulitan meraih kemenangan pada laga ini.

Jelang laga penentuan ini, pelatih Luis Enrique dikabarkan tidak bisa memainkan sejumlah pemain pilarnya, seperti; Gerard Pique, Jeremy Mathieu, Rafinha, Aleix Vidal, Dan Javier Mascherano, karena mengalami masih masalah cedera.

Untuk menjaga asa juara, Enrique kemungkinan besar akan menurunkan skema 4-3-3 pada laga ini, trisula andalan mereka Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar akan diturunkan sebagai juru gedor. Bek muda Marlon kemungkinan akan kembali mengisi posisi Gerard Pique di jantung pertahanan El Blaugrana bersama Samuel Umtiti, sementara Marc Andre Ter Stegen masih dipercaya menjadi mistar palang pintu terakhir Barcelona pada laga ini.

Fraksi

Sementara kubu tim tamu, pelatih Jose Luis Mendilibar juga tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya dalam lawatannya ke Catalan pada akhir pekan nanti. Ada nama Nano , Antonio Luna dan Fran Rico yang dipastikan akan absen pada laga ini karena mengalami cedera.

Mendilibar sendiri diprediksi akan memainkan skema 4-4-2 pada laga ini, di mana Kike akan diduetkan dengan Sergi Enrich di posisi penyerang mereka, sementara Inui dan Pedro Leon akan membantu serangan dari sektor sayap. Dani Garcia dan Gonzalo Escalante akan bertugas sebagai pengatur tempo permainan Eibar sementara Yoel akan menjaga mistar gawang Eibar pada laga ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Umtiti, Marlon, Roberto; Iniesta, Busquets, Rakitic; Neymar, Suarez, Messi
Pelatih : Luis Enrique

Eibar (4-4-2): Yoel; Junca, Lejeune, Ramis, Arbilla; Inui, Garcia, Escalante, Leon; Enrich, Kike
Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Statistik Kedua Tim
Head to Head
23/01/17 Eibar 0 – 4 Barcelona (La Liga)
06/03/16 Eibar 0 – 4 Barcelona (La Liga)
26/10/15 Barcelona 3 – 1 Eibar (La Liga)
15/03/15 Eibar 0 – 2 Barcelona (La Liga)
19/10/14 Barcelona 3 – 0 Eibar (La Liga)

Prediksi

Pada laga pamungkas yang menentukan ini menjadi harap-harap cemas bagi Barcelona. Kans mereka yang kecil untuk keluar sebagai juara La Liga musim ini.

Sehingga tidak ada alasan bagi Barcelona untuk tidak meraih poin penuh pada laga ini. Selain berstatus sebagai tuan rumah, performa mereka jauh lebih stabil daripada tim tamu Eibar. Belum lagi dengan catatan 5 kemenangan beruntun kontra tim tamu membuat Barcelona lebih diunggulan.

Fakta Banten memprediksi laga ini akan berakhir dengan kemenangan
Barcelona dengan skor akhir 2-0.
Bagaimana prediksi Kawan Fakta?
Sampaikan prediksi anda pada kolom komentar ya … (*)

Penulis: Ilung.

Gerindra kuswandi