Dispora Gelar Kompetisi Olahraga “Warisan Nenek Moyang” Banten, Apa Aja Sih?

SERANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten menggelar kompetisi olahraga rekreasi masyarakat di depan Museum Negeri Banten, Kamis (13/7/2017).

Kegiatan yang diadakan setiap satu tahun sekali ini, merupakan agenda rutin tahunan yang digelar Dispora Provinsi Banten. Kegiatan kali ini bertajuk permainan tradisional untuk mengenang kegiatan olahraga jaman dulu.

Ada lima cabang olahraga yang dilombakan yaitu, gobag, egrang, dagongan, trompa panjang dan hadangan.

Setidaknya 304 peserta memeriahkan kegiatan olahraga tradisional tersebut, mereka diambil dari tingkat pelajar kabupaten kota Se-Banten yang sudah melalui proses seleksi Dispora di daerahnya masing-masing.

Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga, Junaedi, mengatakan, untuk juri dan wasit itu diambil dari organisasi FORMI oleh pihak dinas, bekerjasama dengan panitia untuk menyelenggarakan kegiatan.

Advertorial

Advertorial

“Kita serahkan pertandingan ini kepada juri yang di ambil dari organisasi Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), kita panitia cuma nonton aja, tetapi setelah kegiatan ini kita minta berita acaranya dari juri,” ujarnya, Kamis (13/7/2017).

Juara dari kompetisi ini, akan dikirim ke tingkat perlombaan nasional di bulan Oktober nanti untuk mewakili Provinsi Banten.

“Juara dari sini akan dikirim ke tingkat nasional di bulan Oktober dan insya Allah sore sudah di ketahui juaranya,” jelas Junaedi.

Selain itu ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan mengenang kegiatan olahraga warisan nenek moyang.

“Menggali potensi dan mempersatukan kembali olahraga masyarakat yang sudah tenggelam hampir terkikis zaman, dan untuk membudayakan olahraga nenek moyang kita kan,” ujarnya kepada faktabanten.co.id. (*)