Madrid Juara La Liga Spanyol 2016/2017

Gerindra Nizar

Malaga – Real Madrid akhirnya memastikan diri menjadi juara La Liga musim 2016-17. Kepastian itu mereka dapat setelah mengalahkan Malaga pada jornada terakhir La Liga.

Bermain di La Rosaleda, madrid sukses meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah. Gol-gol Madrid dicaptakan oleh Cristiano Ronaldo pada menit kedua dan Karim Benzema pada menit ke-55.
Tiga poin ini memastikan Madrid menjadi juara La Liga dengan raihan total 93 poin. Karena pesaing tedekat Barcelona yang pada waktu bersamaan dilaga terakhir mengalahkan Eibar dengan skor 4-2, hanya memiliki 90 poin. Los Blancos pun menjadi juara La Liga untuk yang ke-33 kali.

Mengawali pertandingan dengan sangat agresif, upaya Los Blancos yang langsung membuahkan hasil dengan gol cepat yang diciptakan oleh Cristiano Ronaldo pada menit kedua.
Isco yang menguasai bola di lini tengah lalu mengirim umpan terobosan kepada Ronaldo. Umpan itu membuat Ronaldo bisa berhadapan langsung dengan kiper Malaga, Carlos kameni. Tanpa kesalahan, Ronaldo membawa Madrid unggul.

Fraksi serang

Los Blancos tak berhenti menyerang meski sudah unggul. Mereka terus menciptakan peluang demi peluang diciptakan oleh Madrid sepanjang sisa babak pertama. Karim Benzema mendapatkan banyak peluang emas, demikian pula Ronaldo dan para pemain Madrid lainnya.
Namun sampai babak pertama usai, skor 0-1 masih bertahan.

Setelah turun minum, Malaga mencoba bangkit dan menciptakan beberapa peluang namun pertahanan Madrid yang sigap mampu menghalau setiap ancaman tim tuan rumah.

El Real justru menggandakan gol lewat Karim Benzema. Tendangan keras Kroos yang diarahkan ke gawang oleh Sergio Ramos masih Kameni bisa dihalau. Namun bola rebound itu disambar Benzema untuk diselesaikan dengan tembakan jarak dekat pada menit ke-55.

Fraksi

Madrid terus menyerang dan menekan pertahanan Malaga. Kameni dipaksa berkali-kali melakukan penyelamatan untuk mencegah gawangnya dari kebobolan. Benzema sempat mencetak gol namun dianulir karena ia telah berada dalam posisi offside.

Sampai laga usai, Madrid sukses mempertahankan kemenangan 2-0 mereka. Dengan hasil ini, Madrid berhasil menjadi juara La Liga 2016-17.

Selamat Los Blancos!

Susunan Pemain
Malaga: C. Kameni, F. Ricca, Miguel Torres, Luis Hernández, M. Villanueva, Pablo Fornals, Recio, Ignacio Camacho, Keko (Castro, 60′), Jony (Duda, 72′), Sandro Ramírez (Dias, 69′)

Real Madrid : K. Navas, Marcelo, Danilo, Sergio Ramos, R. Varane, T. Kroos, Casemiro (Kovacic, 66′), L. Modrić, Isco (James, 66′), Cristiano Ronaldo, K. Benzema (Morata, 73′)

Musim Real Madrid dan Barcelona sebenarnya belum berakhir karena keduanya masih akan menjalani satu laga final. Madrid akan bermain di final Liga Champions melawan Juventus, sementara Barcelona akan menghadapi Alaves di final Copa del Rey. (*)

Penulis: Ilung

Gerindra kuswandi