Teknologi Pendidikan

Sankyu


Oleh : M. Asholahudin, M.Pd (Guru SMP 6 Cilegon dan Mahasiswa S3 Pendidikan Untirta)

Perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran dewasa ini semakin pesat seiring dengan perkembangan budaya manusia dalam menghasilkan cipta, rasa, karsa, rupa, dan rekayasa. Hasil dari perkembangan tersebut , maka sudah pasti lahirnya model produk-produk terbarukan sebagaimana dalam dunia pendidikan dan pembelajaran lebih sering dikenal dengan istilah inovasi pendidikan.

Teknologi telah menjadi bagian integral dari tiap peradaban kehidupan masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu. Pada zaman batu pun telah ada tekmologi, seperti misalnya yang digunakan untuk membangun piramida, membangun candi Borobudur, untuk membuat api, dan lain sebagainya.

Pada awal perkembangan sekitar ratusan tahun yang lalu, teknologi itu dikenal sebagai cara mengajar dengan menggunakan alat peraga hasil buatan sendiri oleh guru di sekolah. teknologi pendidikan digambarkan sebagai alat-alat audiovisual seperti radio dan kaset. Perkembangan audiovisual pada awal tahun 1900-an merupakan media bergerak yang sama.

Sekda ramadhan

Teknologi pendidikan muncul sebagai bidang studi dan bidang kategorisasi sejak awal 1960-an yang pada waktu itu berkembang dua bidang yang dikembangkan, yaitu konsep mengenai audiovisual pendidikan dan bidang program pembelajaran.

Pada tahun 1960-an, teknologi pendidikan menjadi salah satu kajian yang banyak mendapat perhatian di lingkungan ahli pendidikan. Pada awalnya, teknologi pendidikan merupakan kelanjutan perkembangan dari kajian-kajian tentang penggunaan audiovisual, dan program belajar dalam penyelenggaraan pendidikan.

Kajian tersebut pada hakikatnya merupakan usaha dalam memecahkan masalah belajar manusia. Solusi yang diambil melalui kajian teknologi pendidikan bahwa pemecahan masalah belajar perlu menggunakan pendekatan-pendekatan yang fungsional dengan banyak memfungsikan pemanfaatan sumber belajar untuk kepentingan pemecahan masalah belajar yang dihadapi setiap peserta didik.

Menurut Situmorang (2019 :1.21) definisi teknologi pendidikan diluncurkan secara bertahap oleh AECT (Association for Educational Communications and Technology), dan terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

Honda