Tips Ngerem di Turunan, Pengguna Motor Wajib Tahu

Loading...

SERANG – Berkendara menggunakan sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling (clutch) atau motor dengan transmisi manual lainnya yang memiliki engine brake.

Engine brake merupakan teknik untuk mengurangi laju kendaraan dengan menurunkan transmisi ke gigi lebih rendah, sehingga kinerja rem tidak terlalu berat.

Saat memasuki jalan menurun, motor matic  sendiri, hanya mengandalkan sistem pengereman. Sedangkan, penggunaan rem dilakukan secara berlebihan bisa berakibat terjadinya fenomena vapor lock atau adanya uap air pada sistem pengereman.

Dalam kondisi itu sistem pengereman akan mengalami kegagalan fungsi atau yang dikenal dengan istilah rem blong.

Agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman, tentu harus paham dengan teknik yang digunakan untuk mengerem motor matic saat melewati turunan. Berikut tips menggunakan sepeda motor matic ketika melewati jalan turunan:

Sankyu rsud mtq

1. Ketahuilah kondisi rute yang akan dilewati.

• Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat mengenali terlebih dahulu berbagai macam medan yang akan dilewati

PCM

2. Sebelum memasuki jalan yang menurun

• Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan agar kita dapat melakukan proses pengereman secara maksimal.

3. Saat melewati jalan yang menurun.

• Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan agar kita dapat melakukan proses pengereman secara maksimal.

• Kemudian saat melewati jalan yang menurun, Buka sedikit gas, agar mendapatkan sedikit efek engine brake. Posisikan postur badan kita condong ke belakang agar roda depan mendapatkan grip (cengkraman) yang kuat terhadap permukaan jalan raya dan mengurangi potensi sepeda motor kita terjungkal kedepan saat melewati jalan turunan yang curam

• Gunakanlah rem depan dan rem belakang secara bergantian, ketika kita menggunakan rem belakang akan ada beberapa waktu untuk rem depan cooling down (pendinginan) untuk meminimalisir terjadinya brake fading.

• Berhentilah/ menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan maupun rem belakang.

• Untuk menjaga performa kendaraan dan meminimalisir potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang kita gunakan mulai dari bensin, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya serta Pastikan mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat mengenali terlebih dahulu berbagai macam medan yang akan dilewati. (*/Faqih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien