Akarsari Culture Festival Bagian Pelestarian Budaya dan Pemberdayaan UMKM Pandeglang

 

PANDEGLANG – Akarsari Culture Festival telah resmi dibuka, berbagai penampilan seni budaya serta produk – produk lokal khas Pandeglang dipasarkan di stand – stand yang sudah sediakan oleh Panitia yang berlangsung di Alun-alun Kecamatan Saketi.

Kegiatan Akarsari Culture Festival secara resmi dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Pandeglang Nuriah, Selasa (18/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Nuriah mengatakan event Akarsari Culture Festival sebagai bagian dari pelestarian budaya dan pemberdayaan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Pandeglang.

Kartini dprd serang

“Akarsari Culture Festival bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi kepada masyarakat tentang kebudayaan serta menumbuhkan dan mengangkat ekonomi kreatif di masyarakat, yang bermuara pada pelestarian budaya dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, melestarikan budaya dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya itu sangat penting, apalagi di era modern seperti sekarang ini, dimana pada dasarnya kesenian budaya harus betul – betul kita jaga dan dilestarikan, oleh sebab itu akar sari culture festival merupakan bagian dari pelestarian budaya dan pemberdayaan UMKM.

Ketua panitia pelaksana Akarsari Culture Festival Yudi Wahyudin mengatakan maksud dan tujuan tujuan diselenggarakannya Akarsari Culture Festival ini yang pertama ada tiga gunung dan itu menjadi fokus kegiatan, yaitu pelestarian alam, budaya, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini digelar selama lima hari yaitu pada tanggal 15-20 Juli 2023 di dua tempat yakni Alun-alun Kecamatan Saketi dan Kadu Engang tepat di bawah wisata Landmark Pandeglang,” terangnya.

“Event Akar Sari Culture Festival dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari kesenian budaya, pelestarian alam, gebyar UMKM, perlombaan, Fun Bike, Senam Massal hingga kegiatan pelestarian lingkungan,“ pungkasnya. (*/Gus)

Polda