Didatangi Baim Wong, Warga Cikaduen Pandeglang Nangis Haru karena Rumahnya Akan Diperbaiki

PANDEGLANG – Youtuber sekaligus artis kondang, Baim Wong, memang dikenal perannya sebagai seorang dermawan. Hal itu terlihat dari konten-konten miliknya yang selalu membantu orang-orang yang memang membutuhkan.

Kali ini, melalui kanal YouTube @Baim Paula yang diunggah pada Sabtu (4/9/2021). Baim Wong jauh-jauh datang ke Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk memberi kejutan kepada warga Cikadueun, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang.

Baim Wong yang ditemani sopir pribadinya, Pak Slamet, mendatangi kediaman orang tua dari salah seorang security di kantor Bapau. Bahkan, hal itu dilakukannya secara diam-diam tanpa diketahui oleh sang karyawan yang bernama Nurul, yang baru bekerja sekitar 5 bulan tersebut.

Seperti biasa, sebelum menemui orang yang dituju, Baim Wong pun sempat melakukan penyamaran terlebih dahulu. Baim dan Pak Slamet menyempatkan membeli peci di salah satu pedagang yang ada di lokasi tersebut.

“Kita jadi pemuda mesjid ya,” kata Baim ke Pak Slamet.

“Kita nyamar dulu,” lanjutnya.

Diketahui, lokasi rumah orang tua Nurul berada di salah satu kawasan wisata religi yang kerap dikunjungi peziarah. Pasalnya, di lokasi itu terdapat makam dari Syaikh Maulana Mansyuruddin dikenal dengan nama Sultan Haji, beliau adalah putra Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa yang merupakan Raja Banten ke-6.

Kedua orang tua Nurul yang tidak mengetahui sosok Baim Wong sempat kaget dan mempersilahkan Baim Wong yang mengaku sebagai perwakilan pemuda mesjid untuk masuk dan duduk.

“Saya disuruh kontrol ke sini,” ujar Baim kepada orang tua Nurul.

“Gak apa-apa duduk di sini, rombeng (jelek) rumahnya juga,” timpal ibunya Nurul.

Baim Wong pun sempat menanyakan keberadaan orang yang tinggal di rumah tersebut. Dan meminta orang tuanya Nurul menyebutkan anggota keluarganya yang memiliki 3 orang anak laki-laki, namun 1 anak laki-laki disebutkan telah meninggal dunia. Disebutkan pula nama Nurul yang sedang merantau dan bekerja di Jakarta.

“Maaf ya saya disuruh ke sini, karena katanya ini salah satu rumah yang masih rotan ya?” tanya Baim.

“Iya, kalau hujan di sini bocor, di sini bocor, di sini bocor,” jawab Ibunya Nurul sambil menunjuk beberapa lokasi di dalam rumahnya.

Kemudian, Baim pun mencoba memancing orang tuanya Nurul saat menanyakan anak sulungnya bekerja apa di Jakarta.

Tak tahu bahwa orang yang berada di depannya adalah Baim Wong, kedua orang tua Nurul pun mencoba menjawab pertanyaan Baim tersebut.

“Anak kerja di Jakarta jadi apaan?” tanya Baim.

“Bukan kerja, kuli,” jawab Ibunya Nurul.

“Oh kuli juga bagus,” timpal Baim.

“Alhamdulillah bersyukur lah, yang penting halal Pak,” jawab Ayahnya Nurul.

Ibunya Nurul menjelaskan bahwa anaknya saat ini bekerja sebagai security di kantor milik Baim Wong. Tapi ditegaskan, bahwa dirinya tidak mengetahui pasti kabar tersebut karena hanya mendengar info dari sang anak dan beberapa tetangga yang sempat melihat Nurul tampil di kanal YouTube Baim Wong.

Baim Wong yang meminta melihat-lihat seisi rumah pun kembali menanyakan beberapa hal terkait kehidupan keluarga Nurul. Termasuk menanyakan keinginan untuk memperbaiki rumah yang kondisinya sudah memprihatinkan tersebut.

Sontak, hal itu pun membuat Ibunya Nurul tak kuasa menahan air mata saat menceritakan kondisi rumahnya kala anaknya pulang ke rumah.

“Pengen, tapi apa daya Pak. Suka kasihan kalau anak-anak tidur dimana,” kata Ibunya Nurul berlinang air mata.

Mendengar penuturan itu, Baim Wong pun sempat menunjukkan ekspresi keterkejutannya.

“Hah bingung tidur dimana?” tanya Baim.

“Iya kadang (anak) yang satu tidur di rumah neneknya, kalau Nurul mah tidur dimana kalau pulang ke sini, kadang dia (Nurul) tidur di mesjid,” jawab Ibunya Nurul.

Usai bertanya soal perilaku Nurul kepada orang tuanya. Baim Wong pun membongkar penyamarannya yang membuat kedua orang tuanya Nurul kaget dan semakin menangis haru.

Menurut Baim, jika Nurul merupakan sosok baik yang rajin shalat. Bahkan, bacaan shalatnya pun diakui bagus dan merdu karena rajin menjadi imam shalat di kantornya.

Kepada kedua orang tuanya Nurul, Baim mengaku kedatangannya tanpa diketahui oleh Nurul. Dalam kesempatan itu pun, Baim meminta izin kepada orang tuanya Nurul untuk membongkar dan membangunkan rumah milik orang tua Nurul agar bisa lebih layak ditinggali.

“Saya tuh ke sini, gak sengaja lihat fotonya rumah Bapak sama Ibu. Jauh-jauh kita ke sini,” ungkap Baim.

“Saya kalau diizinkan, mau bangun rumah sini,” lanjutnya.

Mendengar pengakuan tersebut, tampak kedua orang tuanya Nurul semakin tak kuasa menahan tangis haru. Mereka pun tak henti-hentinya mengucap rasa syukur atas apa yang akan dilakukan oleh Baim Wong.

“Terimakasih sebelumnya Pak, alhamdulillah,” kata Ayahnya Nurul.

Baim Wong menerangkan, jika maksud dan tujuannya lantaran sang karyawannya memiliki perilaku yang baik dan rajin shalat selamat bekerja dengannya. Baim pun menegaskan, jika itu semua bukan atas permintaan sang karyawan.

“Dia (Nurul) shalatnya rajin, bacaannya bagus. InshaAllah saya benerin rumahnya, saya bongkarin semua ya. Inshaallah hari ini kita wujudin doa-doanya ya,” tegas Baim.

Baim Wong pun meminta agar keluarga Nurul untuk mencari kediaman sementara ketika proses renovasi rumah orang tua Nurul mulai dilakukan.

Sebelum meninggalkan rumah orang tuanya Nurul, Baim Wong pun tak lupa memberikan sejumlah uang kepada orang tuanya Nurul. Kemudian Baim Wong dan Pak Slamet pun kembali ke Jakarta. (*/YS)

Demokrat
Royal Juli