LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah Pandeglang Selenggarakan Program PKW

Lazisku

 

PANDEGLANG – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sanggar Budaya An-Nahdlah Desa Cimanuk, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang-Banten, selenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Tujuannya diadakan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk memberikan pendampingan terhadap masyarakat yang putus sekolah dan belum memiliki pekerjaan dalam program wirausaha.

Ks

Program PKW ini berasal dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek.

Santy Anjar Pratiwi Ketua LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah mengatakan, pada program PKW, lembaganya memberikan pendampingan kepada masyarakat yang putus sekolah dan belum memiliki pekerjaan dalam keterampilan pengolahan hasil perikanan jenis nugget ikan dan baso ikan.

Kegiatan itu bekerjasama dengan UMKM Kedai Berkah, Andiens Collection, Kedai Nadlira, Lembaga Permodalan Bank BRI, dan platform digital seplus marketplace, dan PWI Pandeglang.

“Kita terus melakukan pendampingan bagi peserta didik pada program PKW, agar bisa usaha dan memiliki penghasilan secara mandiri. Oleh sebab itu, pihaknya meminta bantuan kepada PWI Pandeglang untuk menjadi narasumber agar dapat memberikan pengetahuan dalam mengelola media sosial tentang pemasaran,” ujarnya, Sabtu (25/5/2024).

Kpu

Lanjut Santy menyampaikan, dalam program PKW, para peserta yang putus sekolah mendapatkan pendidikan karakter kewirausahaan, keterampilan, pemasaran dan akses permodalan dan pengelolaan hasil usaha.

PKW adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan sikap mental wirausaha masyarakat dalam mengelola potensi diri dan lingkungan sebagai bekal berwirausaha.

“Melalui program PKW dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di bidang wirausaha, dan memiliki keahlian, kemampuan, serta semangat wirausaha, karena rasio pengusaha mempengaruhi majunya suatu negara,” katanya

Sementara itu, Yanadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pandeglang mengatakan, program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) adalah program layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap berwirausaha sesuai dengan kebutuhan dan peluang usaha yang ada di masyarakat.

“Kami dari PWI Pandeglang hanya sekedar memberikan materi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh LKP Sanggar Budaya An-Nahdlah, bahwa program PKW perlu dukungan dari semua pihak,” terangnya

Menurutnya, program PKW bergerak di bidang keterampilan untuk pengolahan hasil perikanan. Oleh sebab itu, harus diberikan bekal pengetahuan kewirausahaan terhadap peserta didik.

“Bahwa untuk tenaga pendidik sendiri harus dapat menanamkan pola pikir (mindset) dan sikap berwirausaha terhadap peserta didik, mendorong dan menciptakan rintisan usaha baru melalui Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP),” ungkapnya. (*/Riel)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien