PUB Pandeglang Adakan Program Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Popole

PANDEGLANG – Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Pandeglang melakukan upaya rehabilitasi terumbu karang melalui kegiatan transplantasi atau pencangkokan terumbu karang yang ada di Pulau Popole, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Sabtu, (9/10/ 2021).

Diketahui tsunami dua tahun silam telah merusak ekosistem terumbu karang yang ada di pulau Popole. Rusaknya terumbu karang tersebut selain mengurangi keindahan laut juga mengakibatkan sangat berkurangnya hasil tangkapan ikan para nelayan yang merupakan mata pencaharian utama masyarakat sekitar Pulau Popole

“Saya berharap transplantasi terumbu karang ini bisa menyiapkan rumah ikan yang baru agar hasil tangkapan para nelayan sekitar dapat meningkat,” ujar Arif, Ketua Pelaksana kegiatan dalam keterangan tertulisnya kepada Fakta Banten, Senin (11/10/2021).

Ia juga menambahkan dengan adanya program transplantasi tersebut diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa terlibat aktif dalam menjaga alam di wilayah laut.

Sementara itu ketua PUB Pandeglang Wawan Ridwan menyatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian dan kepedulian PUB terhadap alam kelautan khususnya pasca bencana tsunami menimpa.

Menurutnya upaya yang dilakukan PUB akan terus berkelanjutan untuk kepentingan masyarakat hingga ke ranah wisata, sosial dan keagamaan.

“Selain upaya tersebut PUB akan bergerak ke ranah lainnya seperti wisata, sosial, keagamaan, dan kegiatan ini harus bekelanjutan sehingga PUB siap menjadi garda terdepan apalagi untuk kepentingan masyarakat banyak. Kita juga akan menggandeng banyak stakeholder agar program-program kita ke depan bisa berkelanjutan,” terang Wawan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) Labuan, PLTU labuan, PSPL Serang, tokoh masyarakat kecamatan Labuan, pramuka dan juga karang taruna. Serta turut hadir pula sejumlah organisasi komunitas pencinta lingkungan yang ada di Kabupaten Pandeglang. (*/Red)