Rumah Warga Cikedal Nyaris Ambruk, Diajukan RTLH Berkali-kali Tidak Pernah Lolos

Gerindra Nizar

PANDEGLANG – Rumah milik Jumsiah warga Kampung Bojongcanar Rt/Rw 02/01, Desa Dahu, Kecamatan Cikedal nyaris ambruk, lantaran material kayunya sudah banyak yang lapuk. Akibat kondisi tersebut selain sudah banyak bagian yang rusak rumah juga ditopang oleh bambu supaya tidak ambruk.

Jumsiah, mengaku bukan tidak mau membangun rumah. Tetapi, karena tidak adanya biaya, untuk melakukan perbaikan.

“Jangankan untuk membangun rumah, untuk makan juga susah. Karena suami saya kerja serabutan, bahkan untuk makan juga tidak cukup,” kata Jumsiah.

Fraksi serang
Fraksi

Menurutnya, dengan kondisi rumahnya tersebut pihaknya sudah sering meminta bantuan kepada kepala desa, bahkan kepada Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK). Tetapi pihaknya belum pernah mendapatkan bantuan. Untuk itu ia berharap agar pemerintah bisa memberikan bantuan. Sehingga, rumah yang ditinggalinya bisa lebih baik.

“Bahkan sudah beberapa kali ada yang datang termasuk TKSK katanya mau di ajukan namun sampai sekarang tidak ada realisasinya. Kalau hujan hampir setiap sudut bocor,” tuturnya.

Iman, warga setempat membenarkan kalau rumah Jumsinah sangat memprihatinkan, ia berharap pemerintah bisa segera membantunya.

“Katanya sudah sering diajukan untuk bantuan RTLH namun sampai sekarang tidak ada perubahan. Kami harap pemkab segera membantu, kasihan” katanya. (*)

Gerindra kuswandi