Waduh, Limbah Medis di Pandeglang Diduga Dibuang Sembarangan 

 

PANDEGLANG – Salah satu praktek bidan di Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang diduga membuang limbah medis sembarangan ke tempat sampah umum.

Hal ini ditemukan oleh salah satu petugas pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, sampah alkes ini bentuknya berupa beberapa jarum suntik utuh yang berada di pembuangan salah satu bidan di kecamatan Karang Tanjung.

Petugas pengangkut sampah DLH yang tidak ingin disebutkan namanya ini mengungkapkan pada awak media pada Sabtu (4/6/2022) bahwa, sangat disayangkan untuk sampah semacam ini bisa sampai dibuang ke tempat sampah umum, padahal sampah-sampah semacam ini harusnya dikelola internal oleh pihak medis sesuai Permenkes yang berlaku.

“Sangat disayangkan sampah yang termasuk kedalam jenis B3 Alkes ini bisa sampai dibuang ke tempat sampah umum, harusnya kan ada pengelolaan khusus dari medis sesuai dengan Permenkes,” ujarnya .

Kartini dprd serang

Ia menambahkan ini bukan sekali saja petugas pengangkut sampah DLH ini menemukan sampah tersebut.

“Ini bukan sekali saja saya menemukan sampah B3 berupa berupa suntikan tersebut, sebelumnya juga pernah menemukan hal yang sama walaupun jumlahnya paling 1 atau 2 saja,” tambahnya .

Saat dikonfirmasi, Vivi Vianita selaku Bidan mengungkapkan dirinya tidak mengetahui sama sekali bahwa sampah alkes tersebut bisa sampai ke tempat pembuangan umum .

“Sepertinya itu kebuang sama yg bersih-bersih di rumah. Saya juga kurang tahu kenapa bisa ada di tempat sampah,” ujarnya.

Ditanya soal pengelolaan sampah medis, ia mengaku ikut diolah ke puskesmas untuk sampah medisnya.

“Ada, biasanya ikut ke Puskesmas untuk pengelolaan limbah medis,” tutupnya. (*/Muklas)

Polda