Ini Lho Sejarah Singkat Perguruan Islam Al-Khairiyah

CILEGON – Perguruan Islam Al-Khairiyah bermula dari pendidikan pondok pesantren tradisional salafi yang didirikan Brigjen KH. Syam’un pada tahun 1916 di Kampung Citangkil, Desa Warnasari, Kecamatan Pulomerak, Kabupaten Serang (sekarang menjadi kawasan industri Krakatau Steel, dan Ponpes Al-Khairiyah pindah di Kampung Citangkil, Desa Citangkil, pada tahun 1978).

Antara tahun 1923 -1925, KH. Syam’un melakukan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan Ibadah Haji kembali dan mengajar di Masjidil Haram. Sementara itu para santrinya kembali ke daerah asal dan masing-masing mereka mengembangkan ilmu-ilmu yang didapat dari KH Syam’un.

Dari para santri inilah Al-Khairiyah kemudia berkembang pesat hingga sekarang.

Kadin

Sedangkan nama Al-Khairiyah sendiri, menurut beberapa sumber, diketahui berasal dari nama sebuah bendungan (Al-Khairiyah) di Sungai Nil, Mesir. Pengambilan nama tersebut diharapkan akan menambah semangat juang KH. Syam’un dalam dunia pendidikan dan membawa manfaat bagi masyarakat, agama, dan negara.

Pada perkembangannya sendiri, pesantren Al-Khairiyah Citangkil yang telah menjadi madrasah terus mengalami perkembangan signifikan dengan berdirinya cabang Al-Khariyah yang tersebar di kota besar semial, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, Jakarta dan Lampung. Untuk pembiayaan Madrasah yang mulai berkembang cukup pesat, pada tahun 1927 didirikanlah sebuah koperasi dengan nama “Koperasi Bumi Putera Citangkil l” yang diketuai oleh KH. Abdul Aziz (Pensiunan Kepala Kantor Kecamatan Cilegon). Kini Al-Khairiyah memiliki hampir ratusan sekolah madrasah dan kepengurusan yang tersebar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, dan juga wilayah Sumatera lainnya.

Pada tanggal 26 Februari 1948, Brigjen KH Syam’un wafat dalam perang gerilya melawan pendudukan Belanda kedua. Sepeninggal KH Syam’un, pada tahun 1951 Al-Khairiyah menjadi Perguruan Islam Al-Khairiyah yang berpusat di Citangkil (Kota Cilegon), melalui rapat pleno dengan cabang-cabang Al-Khairiyah. Kemudian pada tahun 1956 Perguruan Islam Al-Khairiyah diubah lagi menjadi Yayasan Perguruan Islam (YPI) Al-Khairiyah melalui Muktamar. (*)

 

 

 

 

 

 
Sumber: yayasan-alkhairiyah.com

Bank banten