Kpu

Ketua Panwaslu Kota Cilegon Ingin Pengawas TPS Dipilih dari Kalangan Muda

CILEGON, FB – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilgub Banten Kota Cilegon berharap SDM yang mengisi struktur pengawas di tingkat TPS yang saat ini dalam tahap rekrutmen, adalah dari kalangan kaum muda yang memiliki kompetensi di bidang kepemiluan.

Dikatakan, Ketua Panwaslu Kota Cilegon, Sehabudin, untuk regenerasi penyelenggara pemilu dibutuhkan pendidikan dan pengayaan yang nyata bagi kalangan anak muda dalam bentuk dilibatkannya masyarakat yang berumur di bawah 30 tahun dalam perhelatan pesta demokrasi.

Ini merupakan upaya tersendiri dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi.

Advertorial

Advertorial

“Pemilu ini kan seharusnya menjadi ajang untuk penyelenggara melakukan regenerasi, karena dengan pelibatan generasi muda diharapkan partisipasi masyarakat lebih tinggi juga untuk memberikan pendidikan kepemiluan kepada masyarakat,” kata Sehabudin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 3 Januari 2017.

Meski demikian, Sehabudin mengaku dirinya enggan mengintervensi proses seleksi calon Pengawas TPS yang dilakukan oleh Panwascam di 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon.

“Ya kita tidak bisa memaksa Panwascam untuk menyeleksi calon PTPS yang berusia muda saja, tapi kalau boleh memilih saya lebih memilih yang lebih muda saja,” tegasnya. (*)