Diprediksi Ada 400 Juta Wisatawan, Sandiaga Uno Himbau Warga Tak Gunakan Motor di Libur Lebaran 2024

SERANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi bakal ada 300-400 juta pergerakan wisawatan nusantara (wisnus) di momen libur lebaran 2024.

Menurutnya, kenaikan 50 persen pemudik di momen lebaran 2024 turut menjadi pemicu meningkatnya wisatawan nusantara yang akan pergi berlibur ke sejumlah objek wisata yang ada di seluruh Indonesia.

“Karena 196 juta pemudik yang sudah diprediksi, dan 80 persennya menyatakan niat berwisata. Berarti kalau ada 2×4 total pergerakan pemudik, maka kita memprediksi ada 300 juta sampai 400 juta pergerakan wisatawan nusantara,” ucap Sandiaga Uno saat mengunjungi salah satu pondok pesantren di Serang, Banten pada Jumat (29/3/2024) malam.

Untuk itu, diakui Sandiaga, pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk melakukan persiapan, termasuk melakukan mitigasi bencana terkait ancaman potensi cuaca ekstrem saat libur lebaran tiba.

Kartini dprd serang

“Nah destinasi ini harus disiapkan. Surat edaran sudah kami sampaikan sebagai monitoring kepada para kepala daerah untuk menyikapi dan memitigasi ancaman cuaca ekstrem,” ungkapnya.

“Jangan sampai nanti kita tidak mensosialisasi dan mengedukasi masyarakat,” imbuh Sandiaga.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat yang akan pergi berlibur untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan menuju tempat wisata.

Sehingga, lanjut Sandiaga, pihaknya meminta kepada para pemangku kebijakan di masing-masing daerah untuk menyiapkan moda transportasi umum yang layak agar memberikan pelayanan baik kepada para penumpang di momen libur lebaran 2024.

“Saya sangat menghimbau untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua, jadi gunakanlah fasilitas atau transportasi lebih handal, seperti mobil dan bus yang sudah memiliki sertifikasi. Dan kita harap infrastruktur transportasi di daerah dalam keadaan prima untuk melayani libur lebaran kali ini,” tandasnya. (*/YS)

Polda