Tips Hindari Kanker Serviks dari Dokter Fitria, Klinik Andri Medistra Ciruas

SERANG – Kanker Serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis penyakit yang membahayakan bagi kaum hawa. Data lembaga PBB WHO menyebutkan, di Indonesia satu wanita meninggal setiap jamnya karena pengaruh penyakit ini.

Meski berbahaya kanker serviks sebetulnya bisa dicegah dengan cara-cara yang mudah.

Dikatakan dr. Fitria dari Klinik Andri Medistra Ciruas – Serang, untuk menangkal terjangkit penyakit yang juga diidap artis seksi Julia Perez tersebut sebetulnya sangat mudah.

Beberapa tips mudah ini bisa dilakukan bagi kaum hawa untuk meminimalisir resiko terjangkit penyakit ini.

1. Berhenti Merokok

Dalam rokok terkandung banyak zat yang bisa mengganggu kesehatan salah satunya gas karbon monoksida yang bisa mengikat hemoglobin darah dan memicu sel kanker berkembang.

2. Setia Terhadap Pasangan

Menghindari gonta-ganti pasangan salah satu hal terbaik untuk menangkal penularan virus HPV yang menjadi pemicu utama penyebab kanker serviks.

3. Pola Hidup Sehat

Tak hanya hubungan intim, makanan dan pola hidup tidak sehat juga bisa memicu sel kanker berkembang biak, pilihlah makan sehat yang banyak mengandung nutrisi dan serat, hati-hati juga saat mengkonsumsi panganan dari jalan, makanan yang dibakar sampai gosong juga bisa memicu.

4. Hubungan Sex Sehat dan Jangan Lakukan Oral Sex

Kemaluan laki-laki juga bisa jadi carier loh, di kepala organ vital pria mengandung banyak kuman, sekalipun dibersihkan dengan sabun, apalagi suka yang suka ‘jajan’ kemungkinan terjangkit virus ini bisa semakin tinggi.

Lakukanlah hubungan sex sesuai syariat, jangan macam-macam lebih baik hindari oral sex.

Cara lain selain cara diatas menurut dr. Fitria adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan IVA test di Puskesmas atau Klinik Kesehatan terdekat, jadi deteksi dini penyakit tersebut bisa menyembuhkan lebih baik.

“Karena Kanker Serviks bisa lebih mudah diobati saat stadium awal,” ujar dr. Fitria. (*)