Warga 10 Desa di Kecamatan Ciomas Dapat Bantuan Ayam dari Kementan

Loading...

SERANG – Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan beserta Balai Veteriner Subang memberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) tahun 2019 kepada sejumlah RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian) di wilayah Ciomas, Rabu (3/7/2019), bertempat di Kantor UPT Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang.

Camat Ciomas, Edi mengatakan, bahwa kegiatan bimtek yang diikuti oleh sebanyak 30 orang RTMP dari 10 desa di wilayah Ciomas merupakan bantuan dari Pemerintah berupa pemberian ayam persilangan. Yaitu ayam hasil dari perkawinan dari ayam petelur dengan ayam kampung.

“Program dari pusat ini salah satunya bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan. Makanya pihak penerima bantuan ini berasal dari RTMP (Rumah Tangga Miskin Pertanian-red) yang kurang beruntung,” ucap Edi.

Disampaikan Edi, dari 1483 KK (Kepala Keluarga) dari 10 Desa di Kecamatan Ciomas, hanya sekitar 253 KK yang akan menerima bantuan program BEKERJA tersebut.

“Dari 1483 KK yang tersebar di 10 Desa di Kecamatan Ciomas, hanya 253 KK yang terseleksi oleh Balai Veteriner Subang selaku Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang dipercaya oleh Kementrian Pertanian Direktorat Jendral Peternakan,” terangnya.

PCM

“Adapun per 1 KK akan menerima 50 ekor ayam,” imbuhnya.

Edi berharap bantuan berupa pemberian ayam kepada sejumlah RTMP di Kecamatan Ciomas bisa menjadi modal bagi masyarakat untuk memperbaiki ekonomi dan konsumsi gizi masyarakat.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan berjalan dengan baik, dan masyarakat punya banyak konsumsi yang bergizi,” harapnya.

Kegiatan bimtek tersebut diakhiri dengan pemberian rekening bank oleh Balai Veteriner Subang untuk Unit Pengelola Kegiatan Keuangan (UPKK) senilai Rp. 500.000, yang dimaksudkan untuk membantu pendistribusian pembuatan kandang.

Rencananya, bantuan langsung dari Pemerintah Pusat tersebut akan mulai diberikan pada bulan Agustus – Oktober 2019 dengan target 3 Kecamatan di Kabupaten Serang yang akan diberi bantuan, yakni Kecamatan Ciomas, Kecamatan Pabuaran dan Kecamatam Cikeusal.

Untuk diketahui, program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) merupakan program yang digulirkan Kementerian Pertanian Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagai upaya percepatan peningkatan populasi dan produksi ternak sekaligus pengentasan kemiskinan di masyarakat Indonesia. Dimana pada tahun 2019 ini, Kementan akan mendistribusikan sebanyak 20 juta ayam/itik kepada 400 RTMP seluruh Indonesia. (*/Fakih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien