Antisipasi Corona, DLH Semprotkan Desinfektan di Alun-alun Serang

SERANG – Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya penyemprotan desinfektan di sekitaran Alun-alun Kota Serang oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Rabu (18/3/2020).

Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto menuturkan, penyemprotan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di Kota Serang sesuai arahan dari Walikota Serang. Dalam melakukan penyemprotan ini DLH Kota Serang menurunkan empat mesin, dan menyediakan enam jerigen asap cair.

“Setiap jerigennya itu sekitar isinya 30 liter. Lamanya waktu penyemprotan penyemprotan dilakukan sesuai dengan Intruksi Pak Walikota Serang,” katanya.

Kartini dprd serang

Asap cair yang disemprotkan ini, dijelaskan dia, merupakan hasil proses pengolahan sampah di TPSA Cilowong. Dalam proses pembuatannya menggunakan mesin yang sudah dilakukan pengujian.”Asap cair ini mengandung bio pestisida dan desinfektan,” ujarnya.

Proses peracikan desinfektan oleh petugas DLH Kota Serang /dok

Kendati demikian Ipiyanto mengakui, kandungan dalam asap cair ini, belum memenuhi paramater yang ada. Tetapi, apa yang dilakukan oleh pihaknya merupakan langkah awal Pemerintah Kota Serang menangani penyebaran Covid-19 di area fasilitas umum.

“Di hari ini juga, kita (DLH Kota Serang), tengah melakukan uji lab kadar parametar dari disinfektan yang ada di asap cair dengan campuran alkohol,” katanya.

Sementara, untuk penyemprotan di wilayah pasar pihaknya tidak bisa melakukan itu jika belum ada arahan atau instruksi dari orang nomor satu di Kota Serang. “Kami tidak mau disalahkan, tetapi pada prinsipnya kami akan siap membatu, apalagi ada perintah pimpinan,” tutupnya. (*/Ocit)

Polda