Bakesbangpol Sosialisasikan Pilkada Kabupaten Serang 2024 ke Kaum Milenial

Loading...

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Serang Tahun 2024 kepada kaum milenial.

Sosialisasi sebagai Pemkab Serang untuk menyukseskan serta meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang secara serentak.

Sosialisasi bertemakan ’Peran pemuda dan mahasiswa sebagai kaum milenial dalam menyongsong Pilkada Kabupaten Serang 2024 yang bermartabat, aman, adil, dan berkualitatif’ dihadiri kaum generasi Z atau Gen Z tersebut dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Asda I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda kabupaten Serang, Sugi Hardono.

Sugi Hardono mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilu sebagian merupakan tugas pemerintah daerah (pemda) bukan hanya penyelenggara yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saja.

Akan tetapi, sebagian menjadi tugas dan fungsi pemda tidak terkecuali Kabupaten Serang.

Sankyu rsud mtq

“Kabupaten Serang ikut Pilkada Serentak tahun 2024 dalam rangka pemilihan kepala daerah, oleh karena itu selain memberikan dana hibah kepada penyelenggara pemilu termasuk juga kepada petugas aparat keamanan baik polri maupun TNI maka Pemda juga melaksanakan fungsi salah satunya itu sosialisasi,” ujarnya di Forbis Hotel, Kecamatan Waringin kurung pada Rabu, (15/5/2024).

Sugi menyebutkan, sosialisasi yang ditargetkan para kaum milenial atau Gen Z lantaran berdasarkan data KPU pada Pilpres lalu dan update pilkada serentak kaum milenial angkanya cukup siginifikan, dimana secara nasional mendekati angka 34 persen, dari jumlah total pemilih 205 juta juta dengan angka 62 ribu lebih.

“Kabupaten Serang juga angkanya tidak jauh berbeda persentase untuk pemilih milenial di angka 30 persen, maka target sasarannya hari ini adalah melakukan sosialisasi dengan harapan pilkada berjalan sukses dan berkualitas, ini harapan kita,” ungkapnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna mengatakan, sosialisasi Pilkada Kabupaten Serang 2024 dilakukan salah satu upaya agar masyarakat khususnya para mahasiswa kedepannya bisa lebih paham bahwa ini sangat penting dalam memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang.

Sehingga, para kaum milenial dengan mengikuti sosialisasi bisa melanjutkan informasi kepada keluarga serta pihak-pihak lain atau kepada teman-temannya.

“Sehingga pemilukada di Kabupaten Serang bisa sukses dalam penyelenggaraannya, dan partisipasi masyarakat juga untuk datang ke TPS bisa cukup tinggi,” ucapnya.

Dengan digelarnya sosialisasi, Epi menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Serang 2024 bisa mencapai 85 persen lebih seperti hasil Pilpres 2024 lalu.

“Kita punya target kalau kemarin di Pemilu tahun 2024 kita sudah di atas 85 persen, mudah-mudahan pada pilkada nanti juga sama,” katanya.

Dengan demikian, Epi menekankan kepada para mahasiswa yang mengikuti sosialisasi dengan menghadirkan narasumber dari Polres Serang Kabupaten Serang dan Akademisi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten, bahwa pemilukada adalah milik bersama.

Jadi, bukan hanya tugas KPU dan dari segi pengawasan Bawaslu juga bukan pemda tetapi juga masyarakat.

“Termasuk kaum muda, kaum milenial punya kepedulian tinggi agar pemilu ini sukses dari penyelenggaraan juga dari segi partisipatif,” ucapnya.

Seraya mengatakan, Bakesbangpol ke depan akan lebih intensi melakukan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan dan pemilih pemula.

“Yang pasti semua komponen masyarakat kita sosialisasikan,” tutupnya. (*/Fachrul)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien