Hadir di Harbukfes Untirta, Ria Ricis Curhat

Lazisku

 

SERANG– Ria Ricis, selebriti yang menulis buku ‘Saya Pamit’ dan ‘Maaf untuk Papa’ turut memeriahkan gelaran Harbukfes di Laboratorium Terpadu, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, pada Sabtu, (18/5/2024)

Ria berhasil menarik perhatian warga Banten dan civitas academica Untirta dengan persona dan keceriaan yang ia perlihatkan ketika menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Ks

Pada momen ini, ia banyak menjelaskan bagaimana proses kreatifnya dalam menulis yang kebanyakan adalah kisah hidup yang pernah dialaminya.

Ia juga tidak lupa ‘curhat’ atas apa yang sudah terjadi dalam perjalanan hidupnya akhir-akhir ini.

Kpu

“Kita hadirkan senyuman agar orang lain lebih nyaman dengan kita. Kita harus ikhlas dan bersyukur dalam menjalani hidup kita,” ujarnya.

“Dari semua buku hambatannya yang paling besarnya di buku ‘Maaf’ ini. Rasanya berat disampaikan karena sebelum terbit aku ngasih sampelnya ke beberapa orang di sekitar dan responsnya mereka nangis dan tidak bisa berkata-kata. Kata mereka ini buku berat banget dan Ricis itu kuat banget. Bagaimana kemudian saya mengatasinya? Saya berdamai dengan situasi dan memaafkan diri terlebih dahulu,” tambahnya.

Ria juga berpesan kepada para audien untuk selalu memaafkan diri sendiri karena itulah salah satu jalan paling ampuh dalam menjalani hidup dan bahkan bisa menjadi proses kreatif utama dalam menulis.

“Berita dan penilaian buruk terhadap sesama manusia, di antara teman sekelas yang bersosialisasi pasti ada saja selisih paham dan bagaimana cara kita menanggapi hal-hal tersebut, itu hanya sebuah penilaian manusia sementara yang harus ditekankan adalah penilaian Allah terhadap kita semua,” ucapnya.

“Cukup angkat tangan kita doakan saja. Makanya itu pentingnya menyapa diri sendiri, memaafkan diri sendiri. Terima kasih diri ini, kamu sudah kuat menghadapi berbagai cobaan. Aku gapapa yang penting orang lain bahagia itu salah karena ketika kita bahagia, ketika kita berdamai dengan diri sendiri maka orang lain pun pasti ikut Bahagia,” tandasnya. (*/Fachrul)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien