Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Alami Kenaikan

Lazisku

SERANG – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang jatuh pada pertengahan bulan Mei nanti, harga-harga sejumlah bahan pokok mulai merangsek mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan faktabanten.co.id di Pasar Rau, Kota Serang, Kamis (5/4/2018), beberapa item kebutuhan pokok mengalami kenaikan sejak kurang lebih seminggu terakhir ini, dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan mendekati datangnya bulan Ramadhan sampai lebaran nanti.

Dikatakan oleh salah seorang agen telur di Cikepuh, Putra, yang mengatakan saat ini untuk harga telur sudah ada kenaikkan kendati masih relatif stabil.

Ks

“Udah mulai beranjak naik sih, dari harga eceran 20.000/kg sekarang 21.000-22.000/kg,” ucapnya.

Kpu

Ia pun menuturkan bahwa kenaikan ini sudah menjadi rutinitas menjelang datangnya bulan Ramadhan.

“Kalau kaitannya dengan kenaikkan bbm, kayaknya belum. cuma udah waktunya aja, apalagi mendekati puasa sampai lebaran,” ujarnya.

“Ada kemungkinan naik terus, bisa naik seribu-seribu. Kalau pas mulud yang lalu kan eceran menyentuh harga 25.000-26.000 per kilo,” imbuhnya.

Bukan hanya telur, sejumlah kebutuhan pokok seperti bawang dan tomat pun mengalami kenaikkan. Hasil pantauan di sejumlah pedagang sembako di Pasar Rau, bawang merah yang dari harga Rp 28.000/kg kini menjadi Rp.35.000/kg, sedangkan bawang putih yang sebelumnya Rp.28.000/kg merangsek menjadi Rp.32.000/kg, begitupun dengan harga tomat yang kini menjadi Rp.10.000/kg dari sebelumnya Rp.8.000/kg. (*/Ndol)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien