Kualitas Udara di Anyer Kabupaten Serang Siang Ini Tidak Sehat, 8 Besar Terburuk di Indonesia

SERANG – Masalah polusi udara masih terus menghantui masyarakat di Indonesia. Tak hanya di DKI Jakarta, sejumlah daerah di wilayah Provinsi Banten juga ternyata memiliki kualitas udara yang buruk untuk kesehatan.

Data pada Rabu (23/8/2023) siang pukul 12.00 WIB, ternyata wilayah Kabupaten Serang masuk di peringkat 10 besar sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia versi IQAir.

Kabupaten Serang menempati posisi ke-8 dengan tingkat polutan PM 2.5 mencapai nilai 161.

Berdasarkan pantauan Stasiun Kualitas Udara yang berlokasi di Hotel Mambruk, wilayah Kecamatan Anyar, yang masuk Kabupaten Serang, menunjukkan indeks kualitas udara (AQI) dengan kategori Tidak Sehat.

Nilai polutan PM 2.5 di wilayah Anyer mencapai 152. Sedangkan pantauan dari Stasiun RespoKare Mask di wilayah Cikande menunjukkan tingkat polutan PM 2.5 dengan nilai 168.

Saat ini, konsentrasi PM 2,5 di Anyer 14,7 kali lebih besar dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Adapun polutan utamanya berjenis Particulate Matter (PM) 2.5, yaitu partikel berukuran 2,5 mikron atau kurang, seperti debu, asap pembakaran motor, asap industri, hingga asap pembangkit listrik batu bara.

Ukurannya yang kecil dapat membuat partikel PM 2,5 masuk sangat jauh ke paru-paru hingga aliran darah yang berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan bahkan komplikasi kesehatan yang lebih serius.

Kartini dprd serang

Data kualitas udara di Anyer dan Kabupaten Serang menunjukkan kualitas yang Tidak Sehat sejak beberapa pekan ini.

Kondisi ini masih sangat mungkin berubah menjadi lebih buruk, karena praktik-praktik pencemaran lingkungan, termasuk pembakaran limbah industri masih kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Salah satunya seperti kasus pembakaran limbah yang bersumber dari pabrik kimia PT Asahimas Chemical yang dilaporkan warga beberapa waktu lalu.

Sementara itu, data yang dikumpulkan IQ Air konsentrasi PM 2.5 di Indonesia sepanjang tahun lalu 6,1 kali lebih besar dari standar keamanan yang dimiliki oleh badan kesehatan dunia, WHO. Hal itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan polusi udara terburuk nomor 26 di dunia.

Analis data IQAir Greenpeace Asia Tenggara mengungkap, polutan ini menyebabkan kematian 160 ribu jiwa di lima kota besar dunia pada tahun 2020.

Kamu bisa melakukan beberapa upaya agar terhindar dari bahaya polutan di wilayah Anyer dan Kabupaten Serang ini. Pertama, membiasakan diri menggunakan masker di ruang terbuka.

Kedua, menggunakan air purifier atau penjernih udara. Ketiga, menutup jendela agar udara kotor tidak mudah masuk. Keempat, terus melakukan pemantauan kualitas udara.

Berikut 10 kota dengan kualitas udara terburuk per Rabu 23 Agustus 2023 12.00 WIB menurut IQAir.

Daftar 10 besar kota di Indonesia dengan indeks kualitas udara / Dok

Polda