Pelindo Regional 2 Banten Akselerator Ekonomi Produk Unggulan Masyarakat Lontar Serang

Loading...

 

SERANG – Manajemen Pelindo Regional 2 Banten memberikan bantuan sebesar Rp212.036.000 ke Desa Lontar Kec. Tirtayasa, Kab. Serang – Banten dalam rangka membangun sinergi bersama Pelindo Regional 2 Banten.

Sinergitas bersama Perangkat Desa Lontar, Kelompok Tani Desa Lontar, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Kecamatan Tirtayasa dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Citarum – Ciliwung Propinsi Banten terkait program TJSL dalam rangka Penanaman dan Pemberdayaan rumput laut di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang – Banten.

General Manager PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional II Banten Agung Fitrianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Pelindo terhadap masyakarat indonesia salah satunya masyarakat Desa Lontar.

“Tentu ini bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kami untuk bagaimana bisa mensupport masyarakat Desa Lontar secara konkrit untuk terus mengembangkan dan mempertahankan produksi unggulannya.” kata Agung, Rabu (30/8/2023).

PCM

Desa Lontar di Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang merupakan daerah yang berpotensi untuk menjadikan sektor produksi unggul bidang perikanan khususnya budidaya rumput laut. Pengelolaan yang tepat sangat dibutuhkan mengingat bahwa komoditas rumput laut menjadi sumberdaya potensial.

Disambut oleh Staf Desa Lontar, Sauri, acara pun dimulai dengan sambutan dari General Manager Pelindo Banten Agung Fitrianto serta ditutup dengan diskusi tentang potensi pengembangan daerah setempat. Desa Lontar sendiri merupakan lokasi pemberdayaan rumput laut dan hutan mangrove, diharapkan pengembangan tersebut bisa dilaksanakan secara efektif melalui kerjasama dari berbagai pihak.

“Bagaimanapun juga, kami sangat senang dengan kedatangan Pelindo Regional 2 Banten. Kedatangan ini sangat berharga. Kami berharap potensi-potensi yang ada di wilayah ini dapat dimanfaatkan oleh Pelindo Banten. Tentunya dengan kerjasama dengan masyarakat sekitar. Kita jadikan aset menjadi omset serta sampah menjadi buah,” ujar Sauri.

Potensi kelautan yang khas dan menarik seperti budidaya rumput laut, pengolahan ikan serta belum optimalnya pengelolaan badan usaha milik desa menjadi menjadi hal-hal penting yang dapat dikembangkan di Desa Lontar melalui kerjasama dengan Pelindo Regional 2 Banten. Menurut Rini Asniar selaku Analis Data RHL BPDAS Citarum Ciliwung,

“Saya berharap bahwa Pelindo Banten dengan Pemerintah Desa Lontar bersinergi sehingga keberdayaan Pelindo selaku Badan Usaha Milik Negara dapat membantu dan memberdayakan SDM serta SDA yang ada di Desa Lontar, seperti dalam pengelolaan rumput laut yang dijadikan bahan pembuatan dodol yang mengalami kesulitan dalam pendistribusiannya, maka dari itu kami berharap Pelindo dapat bekerjasama dengan UMKM yang telah menjadi rekanan dapat merangkul masyarakat Desa Lontar dalam pendistribusian dodol rumput laut tersebut,
Semoga program ini dapat terus berjalan dan berkelanjutan,” pungkasnya. (*/Wan)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien