Rp400 Juta Siap Digulirkan untuk Karang Taruna Desa Berprestasi di Banten

Lazisku

SERANG – Karang Taruna (KT) Provinsi Banten menyiapkan anggaran Rp 400 juta untuk bantuan wirausaha bagi 40 lembaga Karang Taruna tingkat desa/kelurahan di Provinsi Banten.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris KT Banten, Gatot Yan, saat menerima kunjungan pengurus Karang Taruna Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, di Sekretariat Karang Taruna Banten, Jalan Bhayangkara Kota Serang, Rabu (7/3/2018).

Bantuan akan diserahkan kepada pengurus KT tingkat desa atau kelurahan yang aktif dan memiliki kegiatan yang kreatif, serta berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan pemuda.

Ks

“Bantuan ini untuk Karang Taruna percontohan tingkat desa yang aktif atau pernah melakukan kegiatan ke Karang Taruna-an baik itu insidentil atau berkesinambungan, kegiatan apapun berdampak pada generasi muda dan peningkatan ekonomis juga,” ujar Gatot.

Seleksi Karang Taruna terbaik se-Propinsi Banten / dok

Seluruh kepengurusan Karang Taruna tingkat desa/kelurahaan akan diseleksi oleh tim juri dari pengurus provinsi, pengurus kabupaten atau kota serta unsur pemerintah.

Kpu

“Juri kita tidak bisa diintervensi karena banyak unsur,” tegasnya.

Untuk mendapatkan bantuan kewirausahaan tersebut, pengurus KT di tingkat kelurahan atau desa mesti mengikuti seleksi yang dimulai pada 3 hingga 31 Maret 2018 dan pelaksanaan verifikasi pada April 2018.

“Baru pembukaan pendaftaran 4 hari 68 lembaga sudah mendaftar, target 500 Karang Taruna,” jelas Gatot.

Bantuan permodalan ini akan dibagi merata bagi 40 lembaga Karang Taruna dan rencananya akan dibagikan pada Mei 2018.

Sementara parameter penilaian sendiri ada 2, mulai dari kejelasan kepengurusan dan keaktifan kegiatan.

“Kita juga menyertakan kuisioner yang harus diisi oleh pendaftar,” pungkasnya. (*/Yosep)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien