Semrawut, Pedagang Pasar Lama Serang Gunakan Badan Jalan untuk Jualan

Lazisku

SERANG – Pasar Lama dan Pasar Rau merupakan dua pusat ekonomi di Kota Serang, persoalan sampah dan kemacetan merupakan persoalan klasik yang tidak pernah selesai. Bahkan ruas jalan yang seharusnya digunakan seutuhnya untuk lalu-lintas disulap menjadi lapak dagangan dan lahan parkir.

Kota Serang yang merupakan ibukota Provinsi Banten seharusnya menjadi pusat kota yang tertata dan rapi.

Kesemrawutan Pasar Lama dan Pasar Rau yang terjadi sejak beberapa tahun belakang, sampai saat ini seolah menjadi pemandangan lumrah padahal dalam Perda K3 Nomor 10 tahun 2010, dalam rangka mewujudkan Kota Serang yang madani yang menjunjung tinggi kebersihan, ketertiban dan keamanan, perlu dilakukan pengaturan dan penataan.

Ks

Kesemrawutan kedua pasar tradisional tersebut, terlihat dari banyaknya pedagang yang menjajakan barang dagangannya disepanjang bahu jalan kedua pasar tersebut. Alhasil sering terjadi kemacetan, apalagi saat jam pulang kerja.

Seorang pengguna jalan asal Kasemen, sempat mengeluhkan kemacetan yang sering dialami setiap pulang kerja di sekitar Pasar Lama.

Kpu

“Kesel sih ada mas, siapa yang gak kesel lah kalau kena macet. Apalagi saya hampir tiap hari lewat sini (Pasar Lama) kalau pulang kerja,” ucapnya kepada wartawan faktabanten.co.id, Senin (26/3/2018).

Sementara itu masyarakat tidak bisa berbuat banyak untuk membantu mengentaskan masalah tersebut.

“Yah mau gimana lagi mas, kita mah ga bisa apa-apa. Mudah-mudahan kedepan ada solusinya aja, biar pengguna jalan sama pedagang dipinggir jalan itu sama-sama enak aja lah,” imbuhnya.

Dari pantauan faktabanten.co.id di Pasar Lama, kemacetan kerap terjadi bukan hanya karena banyaknya pedagang yang berjualan sampai hampir menutupi setengah jalan dan masih banyaknya kendaraan yang kerap parkir di bahu jalan sepanjang jalan Pasar Lama.

Selain itu yang paling menyedihkan adalah jarang sekali terdengar adanya upaya penertiban atau penegakkan aturan, karena jalan bukan untuk tempat berjualan. (*/Ndol)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien