Tanjung Lesung Destinasi Wisata Prioritas Nasional, SDM Banten Harus Jaga Citra Positif

Dprd ied

SERANG – Dimasukannya Tanjung Lesung sebagai 1 dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, membuat Pemerintah dalam hal ini Pemprov Banten dituntut untuk lebih meningkatkan kwalitas sumber daya manusia di bidang ini.

Dikatakan Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dr Wisnu Bawa Taruna, mengatakan, saat ini geliat dunia pariwisata di Banten harus ditingkatkan.

Apalagi menurut Wisnu Banten memiliki salah satu destinasi prioritas nasional yang juga harus didukung SDM yang menunjang bidang ini.

“Tidak harus dari perhotelan, tapi SDM yang benar-benar mampu memberikan citra positif bagi pariwisata Banten itu sendiri,” ungkapnya kepada wartawan usai memberikan pelatihan kepada mahasiswa Untirta, di Hotel Le Dian Kota Serang, Jumat (21/4/2017).

Menurut Wisnu, untuk menarik minat kunjungan wisata tidak saja bergantung pada destinasi yang ditawarkan namun juga sikap pelaku industri pariwisata yang menurutnya jadi faktor utama  pencitraannya.

dprd tangsel

“Yang jadi penentu citra itu kan manusianya bukan destinasi, orang datang untuk berwisata pasti pertama turun ketemu sama orang, yang bawain tasnya juga orang makan, hotel yang urusinnya juga orang,” ujarnya.

Sementara itu, Menurut Wisnu saat ini Banten belum memiliki lembaga sertifikasi bagi pelaku industri di bidang ini, dan itu yang sedang pihaknya dorong.

“Tadi saya sudah katakan ini ke Bu Kadis, agar segera dibuat, Banten kan belum punya LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi-red),” katanya.

Ia juga menegaskan jika ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan citra pariwisata Banten.

“Mainset harus terbuka, sikap atau karakter budaya juga harus jadi pembeda antara wisata kita dengan yang lain karena yang kita jual adalah culture dalam tanda petik,” pungkasnya. (*)

Golkat ied