Temuan BPK Sebut Ratusan Barang Elektronik di Pemkot Serang Hilang Termasuk Tablet dan Komputer di DPRD

 

SERANG – Berdasarkan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Wilayah Banten, ratusan barang elektronik di Pemkot Serang hilang.

Berdasarkan laporan BPK, Aset Tetap Peralatan dan Mesin yang dilakukan secara uji petik pada lima perangkat daerah yaitu Sekretariat DPRD, Bapenda, Dinas PKP, DPMPTSP, dan Dinas Perhubungan.

“Pemeriksaan fisik atas keberadaan aset tetap dilakukan oleh BPK bersama Bidang Aset BPKAD dan Pengurus Barang di lima perangkat daerah yang diuji petik atas,” ujar laporan BPK.

Aset yang hilang itu diantaranya kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, laptop/notebook, personal computer (PC) dan printer.

Hasil pemeriksaan menunjukkan terdapat Aset Tetap Peralatan dan Mesin sebesar Rp10.723.386.293,99 yang hilang.

Loading...

Aset hilang itu tersebar pada Sekretariat DPRD, Bapenda, Dinas PKP, DPMPTSP dan Dinas Perhubungan tidak dapat ditemukan keberadaannya.

Aset tersebut terdiri dari 64 unit kendaraan sebesar Rp6.906.804.230,95 dan 533 unit barang elektronik sebesar Rp3.816.582.063,04 (rincian pada Lampiran 17).

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Aset pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Tini Suhartini mengatakan untuk barang elektronik sudah hampir selesai.

“Barang elektronik kan ada 5 OPD yang diperiksa, nah untuk Bapenda, Dishub, sama DMPTSP sudah lengkap,” katanya, Kamis 13 Juni 2024.

Sementara itu, dikatakan Tini untuk DPRD Kota Serang barang elektronik yang jadi temuan BPK belum lengkap atau belum ada.

“Yang Setwan (DPRD) belum untuk barang elektronikanya, iya ada yang tablet, komputer,” katanya. (*/Rizki)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien