Timbulkan Kerumunan, Ojol Serbu McDonald’s Serang

Pju

SERANG– Restoran cepat saji McDonald’s Ciceri, Kota Serang terpaksa harus dijaga aparat kepolisian dari Polres Serang Kota lantaran terjadinya antrian yang membuat adanya kerumunan dari para driver ojeg online yang melakukan pemesanan, Rabu (9/6/2021) siang.

Hal itu lantaran adanya launching perdana BTS-Meal di McDonald yang dimulai pada 9 Juni 2021 jam 11.00 WIB sehingga membuat para pecinta K-POP di Kota Serang secara serentak melakukan pemesanan demi mendapatkan souvenir dari para personel boyband asal Korea Selatan, BTS.

Berdasarkan pantauan di McDonald’s Ciceri, Kota Serang hingga pukul 14.00 WIB, tampak ratusan driver ojeg online yang tengah mengantri dan menunggu pesanan.

Salah seorang driver ojeg online, Heru mengaku, jika dirinya mendapat orderan BTS-Meal melalui aplikasi semenjak pukul 11.30 WIB. Namun, sampai dua jam menunggu dirinya belum mendapatkan no antrian pesanan.

Sementara menurutnya, jika pesanan yang dilakukan sudah tak bisa dibatalkan. Sehingga membuatnya terpaksa menunggu sampai pesanan didapatkan.

“Dapat orderan dari Pakupatan. Saya dari jam setengah dua belas menunggu. Tapi sampai sekarang ini ya masih nunggu, antrian aja masih panjang. Mau dicancel tapi gak bisa. Sudah males sebenarnya,” ucapnya saat ditemui di lokasi.

Diakui Heru, jika membludaknya para driver ojeg online yang melakukan pemesanan lantaran hampir 80 persen driver ojeg online yang ada di Kota Serang serentak mendapat orderan yang sama.

“Tadi puncaknya pas jam 12 (siang), semua dapat orderan BTS-Meal ini. Kayaknya hampir 80 persen ojol di Kota Serang numpuk di sini, dapat orderan yang sama,” ujarnya.

Hal senada turut disampaikan driver ojeg online lain, Rahmat. Menurutnya, dirinya terpaksa menunggu orderan BTS-Meal hingga berjam-jam lantaran tidak bisanya dicancel orderan yang sudah masuk.

Sementara, diakuinya, jika alasan agar bisa tetap menafkahi keluarga di tengah wabah pandemi Covid-19 menjadi hal yang membuatnya harus tetap bersemangat mendapat orderan meski harus menunggu lama.

“Wah saya dari sebelum jam 11 menunggu. Tapi semangat lah, saya dapat dua orderan. Demi dapur agar tetap ngebul,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Serang Kota, AKP Badri Hasan mengatakan, jika pihaknya hanya memberikan himbauan kepada para driver ojeg online yang tengah mengantri untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Hal itu lantaran saat ini Kota Serang masih berada di zona orange penularan Covid-19.

“Dengan adanya antusias warga yang memesan makan secara daring, sehingga tidak menimbulkan penularan. Maka kami bersama Satgas Covid-19 turun langsung untuk menghimbau kepada pengunjung, penyedia atau penjual makanan agar selalu mematuhi prokes,” ungkapnya.

Di tempat lain, Camat Serang, Farach Richi mengaku, jika pihaknya sudah memberikan teguran kepada pihak McDonald’s Serang atas terjadinya kerumunan di lokasi tersebut. Menurutnya, pihaknya akan melakukan penutupan paksa apabila kembali terjadi kerumunan dari para pemesan.

“Kami sudah (koordinasi) dengan manajernya, untuk yang konsumen yang makan di tempat untuk ditutup dulu. Jadi difokuskan yang online saja. Tadi dilakukan penertiban. Kalau misalnya tetap (ada kerumunan), akan kami lakukan penutupan,” singkatnya. (*/YS)

Royal wedding