Vaksinasi Lansia di Kabupaten Serang Hanya Untuk Yang Berangkat haji

SERANG – Proses vaksinasi terhadap kelompok prioritas terus dilakukan, Sebanyak 286 dari 384 lansia di Kabupaten Serang baru selesai menjalankan vaksinasi. Vaksinasi untuk lansia tersebut hanya yang akan menjalani ibadah haji.

Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Heni Widharni mengatakan vaksinasi bagi lansia hanya dikhususkan yang akan melaksanakan ibadah haji. Hal tersebut disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada saat ini.

“Kalau jumlah lansia itu kita memang baru hanya yang diutamakan baru yang akan pergi ke haji karena memang dengan ketersediaannya vaksin juga, kan kita tergantung pada dropping vaksin yang ada baru kita melakukan pelayanan,” ujarnya, Rabu (7/4/2021).

Hingga saat ini, kata Heni, data keseluruhan yang sudah melakukan vaksinasi di wilayah Kabupaten Serang sudah mencapai 95 ribu penerima vaksin.

Dishub

“Jadi nanti kalau sudah ada vaksinasi baru kita akan lihat, data yang sudah masuk ke pusdatin itu sebenernya udah banyak sih. Terakhir waktu minggu kemarin saya lihat itu udah sampai 95ribuan. Bukan lansia, keseluruhan yang sudah masuk rata ya,” katanya.

Heni menuturkan, pada Selasa (6/4/2021) sasaran vaksinasi ada sebanyak 21.475, yang pada tahap pertama penerima vaksinasi yakni tenaga kesehatan, kemudian tahap kedua untuk pelayanan publik.

“Tahap pertama itu untuk nakes dosis pertama itu udah 3.917 yaitu udah 113 persen. Kemudian untuk dosis keduanya itu udah 3.118 itu 90,02 persen jadi memang masih ada yang tertinggal sebelumnya nakes itu yang kadang-kadang penyintas atau misalnya tensinya tinggi. Kedua pelayan publik, kita udah dosis pertama itu 9.503, dosis keduanya udah 2006, memang dosis kedua ini kita masih rendah dan sedang berjalan kan dari mulai hari Senin kemarin sampai sekarang,” tuturnya.

Untuk tahap ketiga, sasaran vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi kaum lansia. Hingga saat ini, lanjut Heni, sudah mencapai 74,4 persen.

“Lansia itu kita baru dapatnya hanya untuk yang mau naik haji. Itu sasarannya kalau tidak salah 384, yang sudah diberikan vaksinasi dosis pertama itu ada 286. Jadi baru 74,4 persen. Sedangkan total sampai tanggal 6 ini ada 13.706 untuk dosis pertama dan 9.036 untuk dosis kedua, total keseluruhannya. Jadi kita hanya lihat dosis pertamanya yang udah banyak 13.706,” tukasnya. (*/Roel)

KPID Banten