Pemudik Padati Dermaga Pelabuhan Merak Jelang Santap Sahur

Gerindra Nizar

CILEGON – Hal berbeda terjadi pada tahun 2019 ini, pasalnya para pemudik mulai memadati dermaga pada waktu akan santap sahur, padahal di tahun sebelumnya, para pemudik kerap memadati tujuh dermaga saat malam hari.

Hal itu, diungkapkan Kombes Pol Wibowo, Dirlantas Polda Banten, bahwa pada tahun ini hal unik terjadi di pelabuhan Merak, Ia menuturkan peningkatan kendaraan terjadi saat menjelang sahur.

“Ada hal unik, terjadi peningkatan mudik jelang sahur. Sampai jam 10.00 WIB sampai 11.00 WIB, setelah itu kendor (sepi pemudik) lagi,” katanya saat ditemui di Gerbang Tol (GT) Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (2/6/2019).

Fraksi serang

Perubahan pola pemudik tersebut terlihat pada Rabu hingga Kamis, 29-30 Mei 2019. Sebab, dari pantauannya para pemudik mulai memadati jalan tol hingga arteri menuju Pelabuhan Merak.

Fraksi

Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan, jalan Cikuasa Atas telah dijadikan kantung parkir bahkan kendaraan yang melalui tol dikeluarkan dari GT Cilegon Timur.

“Sesuai prediksi kita, namun demikian, kita berharap tidak ada puncak mudik, semuanya merata. berdasarkan data yang ada, kenaikan pemudik menuju Merak itu tanggal 29 Mei kemarin,” jelasnya.

Ia mengatakan, GT Cikupa yang merupakan gerbang tol dari Jakarta menuju Banten sudah terlihat sepi padahal sebelumnya kerap terjadi kepadatan kendaraan di area tersebut.

“Malam ini ada peningkatan dan cenderung lancar. Masih bisa terhandel oleh kita. Alhamdulillah sekarang sudah mulai terorganisir. Arus lalu lintas di dalam tol dan jalan arteri, tergantung (bongkar muat kapal) di dalam dermaga (Pelabuhan Merak),” tandasnya. (*/Dave)

Gerindra kuswandi