Federasi Orienteering Pengda dan Pengcab Se-Banten Akan Dideklarasikan

TANGERANG – Puluhan penggiat kegiatan alam terbuka yang tergabung dalam berbagai Komunitas Orienteering berkumpul dan mendeklarasikan pembentukan Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Se-Banten di GOR Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Sabtu (17/6/2017).

Orienteering adalah salah satu cabang olahraga alam bebas yang membutuhkan perpaduan kemampuan fisik dan keterampilan navigasi untuk berorientasi pada medan perlombaan sebenarnya.

Keunikan Orienteering sebagai ciri khas olahraga ini adalah mencari dan menemukan rute terbaik melintasi suatu medan/daerah tak dikenali dengan waktu secepat mungkin.

Pada umumya olahraga ini menggunakan peta beserta kompas untuk membantu para orienteers menyelesaikan perlombaan dengan melakukan perjalanan dari start menuju satu titik ke titik lain atau lebih lengkapnya point to point hingga menyelesaikannya ke titik finish, peserta yang paling cepat menyelesaikan perlombaan akan menjadi juara.

“Perkembangan Orienteering di Indonesia, khususnya di Banten sangat pesat. Berbagai kejuaraan pernah diselenggarakan di Provinsi Banten baik tingkat daerah maupun nasional,” ujar Mahardika Eduardo, Koordinator Orienteering Provinsi Banten dalam rilisnya, Sabtu.

Sankyu ks

Beberapa kejuaraan yang pernah digelar seperti Mapalaut Banten Orienteering Competition (MBOC) Untirta Serang-2012, Indonesian Orienteering Open Championship (IOOC) Carita-2013, Circuit Orienteering Tangerang Raya (CONTRA) Tangerang-2015.
Pembinaan Orienteering Banten

Saat ini diketahui masih belum ada wadah tertinggi sebagai wadah pembinaan atlet orienteering di Banten.

“Padahal untuk olahraga yang saat ini sedang berkembang sangat diperlukan sebuah organisasi olahraga orienteering untuk melakukan pembinaan atlit dan pengembangan potensi-potensi lainnya dari olahraga ini,” ujar Dika.

Oleh karena itu para penggiat olahraga orienteering di Banten berkumpul dan menyamakan persepsi untuk membentuk sebuah Federasi Orienteering mulai dari tingkat Pengcab (Pengurus Cabang) di wilayah kota/kabupaten se Banten, juga membentuk Federasi Orienteering tingkat Pengda (Pengurus Daerah) di Provinsi Banten.

Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Se-Banten, dan berikut Kabupaten/Kota yang sudah siap untuk mendeklarasikan Pengcab FONI di Banten, yaitu Pengcab Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Pengcab Kabupaten Lebak.

“Selain itu untuk mewadahi pengcab-pengcab tersebut juga akan dibentuk FONI Pengda Banten,” pungkasnya. (*)
Penulis: Yosep.